Perbedaan Cupang dan Guppy

Membandingkan Ikan Guppy dengan Ikan Cupang

Masa pandemi seperti saat ini, banyak sekali orang yang memiliki hobi memelihara hewan. Dimasa pandemi yang memaksa untuk tetap di rumah saja, hewan peliharaan menjadi pilihan dalam meredakan stress ketika harus stay dirumah. Salah satunya dengan memelihara ikan hias. diantaranya yang menarik perhatian ialah jenis-jenis ikan guppy.

Kembaran Ikan Cupang

Ikan guppy merupakan salah satu jenis spesies ikan hias air tawar yang populer di seluruh dunia. Sebab kemudahannya dalam beradaptasi dan sangat mudah untuk berkembang biak. Ikan guppy di alam liar hidup dengan memenuhi parit dan juga selokan.

Ikan yang masuk dalam suku poecilidae dengan ukuran yang kecil, memiliki bentuk tubuh, dan warna tubuh sangat mirip dengan Ikan Cupang. Bahkan jika orang yang tidak tahu akan menganggap ikan guppy adalah ikan cupang. Akan tetapi jika anda lebih teliti, kedua jenis ikan ini memiliki perbedaan loh. Berikut beberapa perbedaannya.

Perbedaan Ekor dan Sirip

Untuk perbedaan yang pertama terletak pada bagian ekor dan juga sirip. Ikan cupang memiliki bentuk sirip dan juga ekor yang lebih lebar dimana warnanya lebih indah. Tidak kalah dengan ikan Cupang, Ikan Guppy juga memiliki ekor dan sirip yang indah, akan tetapi bentuk siripnya dan ekornya lebih beragam.

Ada yang membentuk kipas, lancip, lebar dan juga ada yang seperti pedang. Untuk bagian ekor, ikan guppy memiliki ukuran ekor yang tidak selebar ikan cupang. Perbedaan inilah yang mempengaruhi harga dari kedua ikan hias ini.

Perbedaan Pada Ukuran Tubuh

Umumnya ikan cupang memiliki ukuran berkisar dari 3-7 cm. Namun, ada ikan cupang berukuran jumbo yang ukurannya dapat mencapai 12 cm. Berbeda dengan ikan guppy, dimana ukurannya relatif lebih kecil.

Ikan guppy di alam liar untuk jantan memiliki ukuran 2-3 cm. Sedangkan untuk guppy betina bisa mencapai ukuran 4-6 cm.

Perbedaan Warna

Perbedaan ketiga terletak pada warnanya. Ikan guppy juga berwarna-warni akan tetapi warna dari ikan guppy tidak secantik atau tidak beragam seperti ikan cupang. Selain itu warna pada tubuh ikan guppy tidak mencolok seperti ikan cupang

Perbedaan Pada Perilaku

Seperti yang anda tahu jika ikan cupang memiliki sifat khas yakni berkelahi dengan satu dan lainnya dengan tujuan untuk mempertahankan wilayah. Khususnya ikan cupang jantan. Sehingga saat memeliharanya harus ditempatkan pada wadah yang berbeda.

Berbeda dengan ikan guppy dimana memiliki perangai yang lebih tenang dan juga cinta damai. Ikan guppy di alam liar lebih cenderung suka hidup berkelompok dan terus menerus berenang. Sehingga membuat ikan guppy terlihat aktif dalam akuarium.

Sistem Perkembangbiakan

Ikan cupang bereproduksi secara pemijahan. Dimana proses pengeluaran sel telur oleh induk betina dan juga sperma dari induk jantan yang kemudian diikuti perkawinan.

Nah, untuk ikan guppy sendiri bereproduksi dengan cara mengandung dan juga melahirkan anaknya. Ikan betina yang telah dibuahi, pada area anus yang berwarna gelap atau dikenal dengan bercak kehamilan akan meluas dan bertambah gelap.