ikan guppy black thailand

Budidaya Ikan Guppy dan Pemilihan Jenis yang Menguntungkan

Ikan Guppy merupak salah satu ikan hias air tawar yang cukup populer, dia dikenal dengan bentuk yang kecil dan memiliki corak yang indah. Ikan yang biasa digunakan untuk ikan kontes ini memiliki variasi harga yang cukup beragam. Dipasaran ikan Guppy bisa didapatkan dengan harga mulai dari 2000 hingga jutaan rupiah, bergantun ukuran serta kualitas dari Guppy tersebut.

Tak heran banyak yang melirik budidaya ikan Guppy sebagai peluang bisnis yang menguntungkan, peminat yang banyak serta harga yang variatif menjadi faktor utamanya. Pembudidayaan ikan Guppy tergolong mudah untuk dilakukan, namun sebelum lebih jauh membahas tentang cara budidayanya, mari kita mengenal lebih dekat ikan hias ini.

Jenis-Jenis Ikan Guppy

Ikan Guppy memiliki beberapa jenis yang cukup dikenal dikalangan para pecinta ikan hias. Ada lebih dari 40 jenis ikan Guppy, namun ada beberapa jenis yang tergolong memiliki nilai jual yang cukup tinggi, berikut diantaranya.

1. Ikan Guppy Green Red Dragon

Jenis yang pertama adalah Ikan Guppy Green Red Dragon, harga ikan ini tergolong mahal karena ikan ini layaknya primadona dari semua ikan Guppy farma di Indonesia. Bayangkan saja, hanya 3 ekor Guppy Red Dragon harga nya berkisar sekitar 1 juta rupiah, namun jangan salah karena ikan ini memiliki warna dan bentuk badan yang elegan sehingga guppy jenis ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

ikan guppy green red dragon

Ikan Guppy Red Dragon memilki bentuk sirip pada ekor yang melebar kesamping sehingga tampak cantik dan elegan, Guppy jenis ini disebut dengan ekor delta yang juga dimiliki ikan Guppy Blue Grass.

2. Ikan Guppy German Platinum Crown Tail

Kedua ada jenis ikan Guppy German Platinum Crown Tail dengan bentuk yang sangat unik dan sedikit aneh, coba lihat saja ekor yang unik ini. Bentuk ekor yang dimiliki pun hampir mirip dengan mahkota atau sisir , itulah kenapa Guppy ini diberi nama Crown Tail (ekor mahkota).

ikan guppy crown tail

3. Ikan Guppy Blue Moscow

Berikutnya adalah jenis blue moscow, sesuai namanya ikan ini berasal dari Moscow, Rusia. Ikan ini memiliki warna dasar pink dengan sedikit warna ungu pada badannya, serta memiliki ekor yang panjang dan terlihat anggun ketika berenang. Keindahan warna dan kecantikan bentuk ekornya inilah yang menjadi daya tarik jebis ini, tak heran banyak orang yang berburu untuk medaptkan Guppy Blue Moscow.

ikan guppy blue moscow

4. Ikan Guppy Blue Moscow Albino

Jenis ikan Guppy yang ke empat hampir sama dengan ikan Guppy ketiga, pasalnya sama-sama menggunakan nama Moscow yang berasal dari rusia. Cirri khas ikan Guppy ini memiliki tubuh berwarna dasar pink yang berpadu dengan warna ungu. Serta ekor yang panjang akan menjadikan ikan Guppy Blue Moscor Albino tampak elegan ketika berenang di air yang jernih.

ikan guppy blue moscow albino

5. Ikan Guppy Black Moscow

Ikan yang kelima adalah Ikan Guppy Black Moscow merupakan ikan Guppy yang memiliki warna hitam dan gelap di keseluruhan tubuh ikan. Ikan ini berasal dari Rusia juga. Ikan Guppy Black Moscow memiliki karakter yang sama dengan ikan guppy full black Thailand. Hanya saja perbedaannya yaitu asal tempat tinggal ikan Guppy.

ikan guppy black moscow

6. Ikan Guppy Mozaic

Berikutnya, Ikan Guppy ke enam adalah Guppy Mozaic merupakan Ikan Guppy yang memiliki warna biru di pangkal dan sirip ekor ikan, selain itu juga memiliki susunan warna yang teratur sehingga tampak indah. Warna dasar ikan Guppy mosaic adalah biru, dengan paduan warna kuning . adapun jika berwarna dasar biru tua maka warna campurannya adalah merah. Ikan Guppy ini memiliki pola garis yang bergelombang pada siripnya.

ikan guppy mozaik

7. Jenis Ikan Guppy Red Mozaic

Selanjutnya,Jenis ikan Guppy yang ketujuh adalah jenis ikan Guppy Red Mozaic dengan postur tubuh yang memanjang serta dibalut dengan warna merah dengan corak keeping batu. Ikan Guppy Red Mozaic memiliki bentuk yang hampir sama dengan Guppy Red Blonde karena sama-sama memiliki bentuk tubuh yang indah.

ikan guppy red mozaic

8. Jenis Ikan Guppy Japan Blue

Berikutnya, adalah jenis ikan Guppy Japan Blue  dengan cirri khas warna biru di pinggang ikan guppy yang jantan. Berdasarkan nama tersebut, ikan Guppy ini berasal dari Negara jepang yang di Impor dari Negara Sakura. Ikan Guppy ini memiliki banyak varian warna yang menggemaskan. Berdasarkan persilangan terbaru dengan ikan guppy japan blue akan menghasilkan warna biru pada kepala dan pangkal ekor, dengan demikian menjadikan ikan tampak cantik.

ikan guppy japan blue

9. Jenis Ikan Guppy Full Black Thailand

Ikan terakhir yang kami rangkum dalam jeni ikan guppy termahal di Indonesia adalah jenis ikan Guppy Full Black Thailand dengan cirri khas warna hitam di seluruh tubuh ikan. Ikan ini hampir sama dengan jenis ikan Guppy Black Moscow , hanya saja Ikan Guppy Full Black berasal dari Thailand dan black Moscow berasal dari Negara Moscow. Untuk jenis ikannya sama-sama memiliki estestika keindahan tersendiri.

ikan guppy black thailand

Cara Budidaya Ikan Guppy

Untuk membudidaya ikan Guppy relatif mudah, sama seperti yang diucapkan oleh juri kontes ikan Hias Cupang di daerah grobogan yang menyatakan Budidaya Ikan Guppy kurang menantang. Dengan paparan tersebut, kita bisa menarik kesimpulan bahwasanya untuk membiakkan dan budidaya Ikan Guppy cukup mudah, tapi Ikan Guppy memiliki karakteristik tersendiri yang menjadikan pemiliknya tidak bosan. Selain itu budidaya ikan Guppy lah yang paling menjanjikan dan menguntungkan dengan harga yang mahal.

Tentukan Jumlah Indukan Ikan Guppy

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk Budidaya ikan Guppy adalah menentukan jumlah indukan, kenapa demikian?dengan alasan agar indukan betina tidak stress karena dikejar-kejar banyak pejantan dalam perkembang biakan. Dan ketika terlalu banyak indukan betina maka pejantan tidak mampu membuahi semua telur ikan betina.

Menentukan warna Indukan

Langkah kedua yang harus dilakukan untuk Budidaya Ikan Guppy adalah menentukan warna indukan untuk membentuk burayak ikan yang memiliki warna yang indah. Dengan memijahkan ikan dengan pola warna yang sama maka akan membuat anakan ikan Guppy memiliki pola warna yang sama, hal tersebut berlaku juga untuk bentuk sirip dan ekor ikan Guppy. Langkah yang harus diketahui sebelumnya adalah mengetahui ciri-ciri ikan Guppy jantan dan betina,simak berikut ini.

Ciri – ciri ikan guppy jantan

  • Memiliki gonopodium (berupa tonjolan dibelakang sirip perut) merupakan modif sirip anal menjadi sirip yang panjang.
  • Tubuh ikan guppy jantan ramping, tidak gendut
  • Warna ikan guppy jantan lebih cerah dari pada ikan guppy betina
  • Sirip punggung  ikan guppy jantan lebih panjang dari ikan betina
  • Kepala  ikan guppy jantan lebih besar dari betina Guppy

Ciri – ciri ikan guppy betina

  • Dibelakang sirip perut tidak ada gonopodium, tapi berupa sirip halus.
  • Tubuh ikan guppy betina gemuk tidak seramping ikan guppy jantan
  • Warna ikan guppy betina kurang cerah daripada ikan jantan
  • Sirip atas ikan guppy betina tidak terlalu panjang sepanjang iikan guppy jantan
  • Dan Kepala ikan guppy betina agak runcing layaknya guppy jantan

Tentukan Suhu Air

Langkah yang ketiga yaitu menentukan suhu air yang digunakan untuk pemijahan saat Budidaya Ikan Guppy, Suhu air yang efektif untuk budidaya ikan guppy adalah diantara 27 derajat celcius atau 72 derajat F. dengan suhu yang demikian akan menjadikan proses budidaya lebih efektif sehingga anakan akan lebih berkualitas.

Artikel ini bisa dicari dengan kata kunci:
nu vot, jenis guppy paling menguntungkan untuk ternak, Cara budidaya ikan guppy, Ciri ciri black moscow, guppy blue moscow betina, guppy hb blue moscow, ikan guppy black moscow, jenis ikan gapi