Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Kolam 1000 ekor Gurame Yang Baik?

Diposting pada

Tingkat kepadatan ikan gurame dalam kolam menjadi penentu dalam suksesnya budidaya ikan gurame. Banyak yang menanyakan berapa ukuran kolam gurame untuk kapasitas 1000 ekor yang optimal?. Ukuran kolam haruslah mempertimbangkan tingkat kepadatan ikan gurame dalam setiap m² nya, jika telalu padat maka akan berpengaruh pada lambatnya pertumbuhan ikan tersebut.

Jumlah padat tebar gurame dalam kolam tidak dapat ditentukan begitu saja, tidak hanya ditentukan dari jumlahnya yang 200 ekor, 500 ekor, 1000 ekor atau bahkan 2000 ekor. Semua itu dapat berbeda-beda jawaban, bergantung pada pengalaman masing-masing pembudidaya. Maka tak heran jika anda mencari ukuran kolam ikan baik gurame, nila maupun lele di internet maka anda akan menemukan beragam angka.

ukuran kolam gurame 1000 ekor
sumber : http://bppisukamandi.kkp.go.id

Ukuran Kolam Gurame Yang Tepat Dengan Jumlah Ikan

Nah untuk menghitung berapa jumlah ikan yang dapat anda tampung dalam kolam, ada beberapa faktor yang sebaiknya anda perhatikan. Hal ini tidak hanya berlaku pada kolam gurame saja, tapi juga bisa diterapkan pada budidaya ikan lainnya seperti ikan lele.

Tingkat Padat Tebar Gurame

Sebetulnya untuk tingkat padat tebar ikan gurame, para pembudidaya mempunyai versi masing-masing. Perbedaan padat tebar ini dipengaruhi oleh jenis dan teknik yang digunakan serta jenis kolam budidaya gurame itu sendiri. Namun sebagai gambaran bagi anda yang baru memulai usaha peternakan gurame, anda dapat mengetahui tingkat padat tebar berdasarkan jenis kolam yang dipakai berikut ini :

Padat Tebar Gurame Pada Kolam Tanah Tadah Hujan

Untuk kolam tanah tadah hujan, tingkat padat tebar gurame tergolong rendah. Ini dikarenakan kadar oksigen pada kolam tanah tadah hujan berada dibawah standar, tapi masih layak digunakan. Pada kolam tanah tadah hujan, tingkat kepadatan yang disarankan adalah 3 ekor/m².

Jadi untuk memelihara 1000 ekor gurame pada kolam tanah tadah hujan, dengan asumsi kepadatan 3 ekor/m² maka anda memerlukan ukuran kolam sekitar 335 m². Namun tentu saja jika ingin mendapatkan kan hasil panen yang maksimal, jenis kolam ini tidak disarankan untuk anda.

Padat Tebar Gurame Pada Kolam Tanah Air Mengalir

Meskipun sama-sama menggunakan media tanah, namun tingkat padat tebar gurame pada kolam tanah dengan air mengalir lebih tinggi. Pada kolam tanah dengan air yang mengalir ternyata mempengaruhi kadar oksigen terlarut dalam air. Pada jenis kolam ini, tingkat padat tebar ikan gurame yang ideal adalah 6 ekor/m². Jadi untuk ukuran kolam tanah dengan 1000 ekor gurame membutuhkan setidaknya berukuran 165-175 m². Namun perlu juga diperhatikan debit air mengalir pada kolam tersebut, debit air yang ideal adalah 1,5 L/detik.

Padat Tebar Gurame Pada Kolam Terpal

Sebenarnya untuk tingkat padat tebar gurame kolam terpal pun terbagi kedalam 2 jenis, yaitu kolam terpal konvensional dan kolam terpal bioflok. Kedua jenis kolam terpal tersebut memiliki tingkat pada tebar yang sangat jauh berbeda. Untuk padat tebar pada kolam terpal konvensional adalah 4 ekor/m², jumlah padat tebar tersebut dapat ditingkatkan dengan cara memberikan aerator sebagai tambahan suplai oksigen pada kolam. Dengan aerator, tingkat padat tebar pada kolam terpal dapat meningkat menjadi 7-8 ekor/m². Untuk kolam terpal dengan sistem bioflok akan dibahas pada artikel berikutnya.

Ketinggian Air

Mungkin setelah membaca tingkat padat tebar diatas, anda akan berfikir kenapa kepadatan ikan relatif lebih rendah. Hal lain yang mempengaruhi tingkat padat tebar adalah ketinggian air pada kolam, pada contoh diatas ketinggian air adalah 60 cm. Karena 60 cm adalah ketinggian air yang ideal dalam beternak gurame, namun ketinggian air ini dapat anda tingkatkan untuk mendapatkan padat tebar yang lebih tinggi.

namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan tentang ketinggian air pada kolam, khususnya kolam tanah. Semakin dalam ketinggian air, maka semakin sedikit ketersediaan pakan alami berupa plankton. Sedangkan Ketinggian air yang lebih dangkal dapat berpotensi menaikkan suhu air pada kolam, suhu yang panas dapat membuat ikan mudah stress.

Dengan ketinggian air 60 cm tersebut maka sinar matahari dapat masuk hingga ke dasar kolam. Namun tentu saja dengan ini termasuk dalam kategori air yang dangkal, sehingga dapat membuat kolam cepat panas pada siang hari. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu di buatkan naungan pada pinggir kolam sebagai tempat berteduh bagi gurame. Atau jika menggunakan kolam terpal, anda bisa membaca artikel tentang Kolam Terpal Alas Sekam.

Kesimpulannya, anda harus mengetahui dulu jenis kolam apa yang akan anda gunakan. Selain itu anda juga harus memperhitungkan ketinggian air pada kolam nantinya. Dari situ baru anda dapat gambaran pasti berapa ukuran kolam gurame untuk 1000 ekor. Semoga bermanfaat

Incoming search terms:

  • ukuran kolam gurame 500 ekor
  • ukuran kolam gurame 1000 ekor
  • ukuran kolam ideal gurami
  • ukuran kolam gurame 100 ekor
  • Ukuran kolam gur
  • https://www ikan info/ukuran-kolam-gurame-1000-ekor/
  • Ukuran kolam gurami
  • Ukuran kolam
  • ukuran kolam gurame
  • ukuran standar kolam cupang 2rb