Jenis jenis Ikan Guppy

Jenis jenis Ikan Guppy Beserta Gambar dan Harganya

Ikan merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang menjadi favorit bagi banyak orang. Cara perawatan ikan yang mudah membuat anak kecil hingga remaja dewasa dan kaum lansia pun suka memeliharanya. Akuarium ikan hias juga mampu menciptakan suasana yang teduh dan tenang.

Aneka jenis ikan hias membuat tampilan akuarium menjadi kian menarik. Terdapat banyak jenis ikan hias. Ikan Guppy merupakan salah satunya.

Nama latin dari ikan Guppy ialah Poecilia reticulata. Ikan Guppy juga mendapat julukan sebagai ikan seribu karena ikan berwarna-warni dan beraneka motif ini memiliki banyak sekali jenis. Mulai dari jenis ikan Guppy biasa hingga jenis ikan Guppy langka yang banyak dicari.

Kian hari semakin banyak jenis ikan guppy terbaru yang dikembangkan. Bahkan ada jenis ikan guppy kontes yang sengaja dipelihara dan dikembangbiakkan untuk tujuan mengikuti suatu ajang lomba atau kontes. Ikan Guppy untuk keperluan ini biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.

Namun secara rata-rata harganya cukup terjangkau, terutama untuk jenis ikan Guppy lokal. Berikut ini adalah jenis-jenis ikan Guppy tersebut. Indonesia memiliki banyak sekali koleksi Jenis Ikan Guppy Lokal yang tak kalah menariknya dengan jenis ikan guppy import. Harganya juga membuat makin menarik karena cukup murah, bahkan ada yang harganya dalam kisaran ribuan Rupiah saja per ekor.

Jenis Ikan Guppy Lokal

Berikut ini ialah beberapa ikan Guppy yang asalnya dari Indonesia.

  19 Jenis Ikan Mas Koki Yang Ada di Indonesia

Ikan Guppy Magenta

jenis ikan guppy magenta
Ikan Guppy Magenta – (c) Tokopedia

Ikan Guppy Magenta ini termasuk sebagai jenis ikan guppy lokal yang memiliki banyak penggemar karena warnanya yang menarik. Ciri khas warnanya ialah pink. Ikan Guppy Magenta ini memiliki kisaran harga sekitar 25 ribu Rupiah per ekor nya.

Ikan Guppy Pastel

jenis ikan guppy pastel
Ikan Guppy Pastel – (c) Lazada

Ikan Guppy Pastel, memiliki ciri-ciri warna yang putih hitam dengan memiliki ekor yang sangat panjang. Ikan ini memiliki kisaran harga di sekitar 15 ribu rupiah per ekor.

Ikan Guppy Yellow Cobra

Jenis Ikan Guppy Yellow Cobra
Ikan Guppy Yellow Cobra – (c) Shopee

Sesuai namanya maka ikan guppy lokal yang satu ini didominasi dengan warna kuning di sekujur badannya. Ikan ini juga disebut sebagai ikan Yellow Cobra, karena mempunyai motif corak bintik hitam pada bagian tubuh di tengah hingga sampai ke bagian ekor.

Ikan lokal Guppy ini memiliki kisaran harga mulai dari 7 ribu Rupiah hingga sekitar 15 ribu rupiah per ekor. Ikan Guppy di alam liar harus mempertahankan diri dari para predatornya, sehingga mereka akan memiliki warna tubuh yang beraneka rupa untuk menyamar, sesuai kondisi di lingkungan habitat sekitarnya.

Ikan Guppy Neon

Jenis Ikan Guppy Neon
Ikan Guppy Neon – (c) Shopee

Lalu masih ada lagi yang namanya ikan Guppy Neon merupakan jenis ikan hias lokal yang cantik karena mempunyai motif pola yang unik di badannya. Warna yang ada di badannya ialah warna hijau kekuningan. Ikan ini memiliki kisaran harga mulai dari 20 ribu rupiah hingga sekitar 30 ribu rupiah per ekor.

Ikan Guppy Dragon Big Ear

Jenis Ikan Guppy Dragon Big Ear
Ikan Guppy Dragon Big Ear – (c) Youtube

Ikan lokal yang lainnya lagi ialah ikan guppy Dragon Big Ear. Ikan ini memiliki ciri khas berupa bentuk sirip dadanya yang lebar dan besar dan juga bentuk unik dan ukuran ekor yang lebih besar jika dibandingkan dengan ikan guppy yang lainnya.

  Berbagai Macam Jenis Ikan Louhan Untuk Kontes

Yang cukup mengejutkan ialah bahwa ikan yang cantik ini memiliki kisaran harga yang cukup murah, yakni hanya sekitar 8 ribu rupiah saja per ekor.

Jenis Ikan Guppy yang Populer

Berikut ini adalah beberapa ikan Guppy yang populer dan memiliki banyak peminat yang mencarinya.

Ikan Guppy Albino

Ikan Guppy Albino
Ikan Guppy Albino – (c) Pinterest

Tiap jenis hewan ada jenis albinonya, yakni memiliki warna kulit putih yang khas, termasuk juga pada ikan Guppy ini, ada juga jenis ikan guppy albino. Mungkin ikan jenis ini merupakan jenis ikan guppy termahal.

Hal ini karena jenis albino memang spesial dan dianggap unik serta langka. Ikan Guppy Albino juga memiliki ciri khas yang satu lagi, yakni selain badannya yang berwarna putih bersih ialah juga ikan ini memiliki mata yang berwarna merah. Meski ada juga jenis ikan Guppy albino yang memiliki mata putih namanya ikan Guppy Albino Delta.

Ikan Guppy Black Moscow

Ikan Guppy Black Moscow
Ikan Guppy Black Moscow – (c) Pinterest

Lalu ada juga ikan Guppy Black Moscow. Ikan ini memiliki ciri khas berupa warnanya yang super black total. Warnanya yang hitam pekat itu sangat memikat.

Ikan Guppy Metalik

Ikan Guppy Metalik
Ikan Guppy Metalik – (c) Blogspot

Ikan ini memiliki warna biru metalik atau abu-abu metalik, yang sangat menarik dan berkilauan sisiknya. Banyak yang memburunya untuk dijadikan sebagai salah satu ikan hias koleksinya.

Ikan Guppy Blue Japan

Ikan Guppy Blue Japan
Ikan Guppy Blue Japan – (c) indiamart

Ikan Guppy ini memiliki ciri khas berupa warnanya yang biru langit nampak cerah baik pada badannya atau kepala dan ekor serta siripnya.

Ikan Guppy Tuxedo

Ikan Guppy Tuxedo
Ikan Guppy Tuxedo – (c) Pinterest

Ikan ini sangat unik karena seperti sedang mengenakan jas tuxedo. Ikan jenis ini memiliki warna gelap pada separuh bagian belakang tubuhnya dan pada bagian depan tubuhnya berwarna cerah, dengan warna putih. Sehingga dengan demikian maka ikan ini seakan terlihat sedang mengenakan pakaian resmi jas tuxedo.

  Pemberian Pakan Yang Tepat Untuk Burayak Cupang Umur 0-2 minggu

Warna gelap yang ada pada bagian belakang tubuhnya itu bisa bervariasi tak hanya hitam namun ada juga yang memiliki warna biru tua kehitaman.

Ikan Guppy Mozaik

Ikan Guppy Mozaik
Ikan Guppy Mozaik – (c) blogspot

Ikan ini memiliki corak cantik motif pola bergelombang pada bagian ekor dan siripnya. Cara menghasilkannya cukup sulit dengan melalui beberapa kali perkawinan silang.

Ikan Guppy Leopard

Ikan Guppy Leopard
Ikan Guppy Leopard – (c) Shopee

Ciri khas ikan Guppy yang satu ini ialah pada motif totol-totol mirip leopard di tubuhnya. Ikan jenis ini bisa didapatkan dengan mengawinkan ikan Guppy Cobra dengan ikan Guppy polos.

Perbedaan Ikan Guppy dan Cupang

Mungkin beberapa orang menganggap sama, namun sebenarnya ikan Guppy itu berbeda dengan ikan cupang. Berikut ini beberapa perbedaannya tersebut.

Karakteristik Sifat

Ikan Cupang adalah ikan aduan yang memiliki sifat yang agresif, sehingga tak bisa dicampur dengan ikan cupang yang lainnya. Sedangkan sebaliknya ikan Guppy adalah jenis ikan koloni yang memiliki sifat justru suka berkelompok, sehingga bisa dicampur pada akuarium yang sama.

Pada awalnya ikan Guppy dipelihara untuk membasmi perkembangan nyamuk malaria, namun keindahan warna tubuh serta aneka motifnya yang menarik lantas membuat ikan Guppy kini menjadi sebagai ikan hias juga.

Ukuran Ikan

Dari segi ukuran maka ikan Guppy juga memiliki ukuran yang berbeda dengan ikan cupang. Ukuran ikan Guppy rata-rata ialah sekitar 2 cm atau 3 cm saja, jadi lebih kecil, ikan Guppy yang memiliki ukuran badan lebih besar ialah ikan Guppy betina dan itupun paling besar ukurannya ialah sekitar 6 cm.

Sedangkan ikan cupang memiliki ukuran yang lebih besar, yakni bisa mencapai sekitar 4 cm hingga sekitar 7 cm lebih, bahkan ada ikan cupang jumbo dengan ukuran sekitar 12 cm.

Habitat Asal Ikan

Ikan cupang ialah ikan yang berasal di Asia Tenggara. Sedangkan ikan Guppy asalnya dari benua Amerika. Banyak penggemar ikan hias yang memiliki aneka koleksi ikan Guppy, ikan ini termasuk ikan air tawar yang cukup mudah perawatannya.

Artikel ini bisa dicari dengan kata kunci:
guppy koi