budidaya ikan louhan

Budidaya Ikan Louhan Di Dalam Akuarium Pribadi

Cara Budidaya Ikan Louhan di Akuarium

Ikan.infoBudidaya Ikan Louhan – Siapa diantara kamu yang belum mengenal ikan louhan? Pada Umumnya masyarakat Di Indonesia pasti pada umumnya mengenal ikan ini. Yaitu Ikan louhan yang mana merupakan salah satu ikan hias terkenal akan jenongnya serta juga sisiknya yang menarik.

Ikan louhan yang merupakan ikan hasil perkawinan silang dimana antara ikan hibrida parrot cichlid dan juga ikan merah cichlid. Habitat asli ikan louhan yaitu Malaysia dan Taiwan tapi karena adanya keindahan dan juga pada daya tariknya ikan ini menjadi cukup terkenal dan juga dipelihara bahkan di seluruh dunia.

budidaya ikan louhan

Cara Budidaya Ikan Louhan di Akuarium.

Begini cara Budidaya Ikan Louhan di Akuarium yang harus kamu ketahui agar mudah dalam merawatnya :

1. Siapkan Akuarium dan Perlengkapannya

Langkah awal yang harus kamu persiapkan adalah akuarium dengan lebarnya sekitar 40 cm dan panjang 70 cm serta tingginya 40 cm. Tentu saja dengan ukuran akuarium yang juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jika ada yang lebih besar maka lebih baik.

Sementara untuk alat-alat perlengkapan yang harus kamu siapkan adalah sebagai berikut :

  1. Harus ada Lampu UV, selain dipergunakan untuk pencahayaan, lampu ini juga berguna untuk memenuhi kebutuhan pada cahaya kolam terpenuhi.
  2. Adanya Filter untuk penyaring air dan agar dapat mengontrol kebersihan akuarium.
  3. Kemudian Aerator untuk mengatur kadar oksigen yang ada di dalam akuarium. pada Bebatuan dan tanaman alam untuk menciptakan suasana pada akuarium seperti habitat asli ikan.

2. Siapkan Air untuk Akuarium

  1. Langkah awal cek pH air terlebih dahulu  menggunakan metode memberikan air endapan terlebih dahulu. pada pH normal untuk ikan louhan yaitu  6,5-7,5.
  2. Adapun Cara memberikan air endapan adalah dengan cara masukkan air ke dalam akuarium lalu biarkan selama satu hari.
  3. Pada Metode ini dilakukan juga untuk menstabilkan pH air, jika satu hari terlalu lama, kemudian kamu dapat menambahkan larutan trisufat 5 ppm atau juga dapat menggunakan garam khusus ikan hias. Sementara untuk suhu idealnya antara 32-35℃.

3. Pakan

  1. untuk Pemberian pakan yang sangat baik tentunya hal yang penting dalam budidaya ikan louhan. Sehingga jangan memberikan pakan yang sembarangan dan juga berikan pakan yang berkualitas agar mendapatkan ikan yang berkualitas.
  2. Pakan yang cukup berkualitas juga mempengaruhi keberhasilan budidaya pada louhan terlebih lagi saat masa 2 minggu pertama sebelum dibudidayakan.
  3. Untuk pakan harus direkomendasikan yaitu jenis pakan yang alami adalah udang kecil, jangkring, dan juga cacing karena pakan tersebut mengandung nutrisi yang sangat baik untuk louhan.
  4. Kemudian Penting untuk kamu ingat bahwa jangan sekali-kali kamu memberikan pakan buatan karena biasanya mengandung zat pewarna yang cukup berbahaya.

4. Pilih Indukan yang Berkualitas.

Pada Kualitas anakan ikan tentu saja  sangat dipengaruhi oleh bagaimana indukannya. Cara mendapatkan indukan yang berkualitas yaitu dengan membeli ikan louhan yang berharga dan mahal(tentunya memperhatikan banyak faktor), langkah ini juga hal yang menguntungkan apabila indukan dijual lagi dikemudian hari.

Untuk memperoleh indukan berkualitas, begini ciri-cirinya yang harus kamu perhatikan:

  • Pada Anggota tubuh lengkap, tidak cacat dan tidak bengkok.
  • Kemudian Memiliki jenong.
  • Ikan yang sudah memiliki jenong saat berukuran 10 cm dan juga sudah terlihat corak mutiara di jenongnya.

Adapun Cara lain untuk mendapatkan indukan adalah dengan mengawinkan indukan ikan jantan dan juga betina. Ada juga Caranya dengan menyiapkan ikan jantan dan ikan betina dalam satu akuarium yang sama dan berikan penyekat di tengah akuarium, ini sebagai sebuah pendekatan. Jika keduanya terlihat sepertinya akan bertengkar, segera kamu tutup sekat tersebut.

kamu dapat menunggu sampai keduanya mulai mengenal dan akrab. Jika kondisinya sudah mulai membaik, buka lagi sekatnya dan diamati pergerakan pada keduanya.

Adapun Ciri-ciri ikan louhan yang sudah akan kawin yaitu dengan cara menggesek-gesekkan badannya dan juga menggoyangkan ekornya. Saat keduanya sudah siap untuk kawin, lalu tutup akuarium dengan kertas berwarna gelap dan jangan lupa berikan makanan yang banyak.

Dan Biarkan ikan louhan melakukan perkawinan dan kemudian lepaskan penutup setelah 1-2 hari karena di waktu tersebut ikan biasanya melakukan perkawinan.

5. Pemijahan Telur

Pada Proses perkawinan terjadi sekitar 1-2 hari, lalu telur akan mulai terlihat di bagian bawah pada akuarium. Tidak semua telur  yang berhasil dibuahi dan sehingga perhatikan telur-telur yang gagal dibuahi yaitu yang berwarna putih susu.

Sedangkan telur yang berhasil dibuahi berwarna kuning dengan bintik hitam. Biarkan indukan tetap berada di akuarium karena pada keduanya akan memberikan sirkulasi pada telurnya dengan cara mengipasi dengan siripnya.

Jangan lupa untuk tetap memberikan makanan. Sekitar 2 hari, kemudian telur akan mulai menetas, saat ini sebaiknya pindahkan indukan ikan louhan agar tak mengancam anaknya.