Tips Dalam Memberi Makanan Ikan Arwana Yang Baik

Diposting pada

Makanan ikan arwana tidak bisa sembarangan. harga ikan arwana yang cukup mahal membuat perwatan ikan ini juga tidak bisa asal-asalan. Ikan air tawar ini biasanya dijadikan sebagai ikan hias dalam akuarium. Tentu saja kecantikan bentuk fisiknya membuat banyak pencinta ikan hias rela mengeluarkan biaya extra agar ikan arwana kesayangan dapat tumbuh cantik dan indah.

Selain vitamin, faktor terpenting agar ikan arwana cepat besar dan indah adalah dari makanannya. Makanan ikan arwana memang bisa dengan mudah didapatkan di beragam toko ikan hias. Baik dari makanan ikan arwana olahan seperti pelet ikan maupun makanan ikan arwana alami. Pemberian makan untuk ikan awrana pun disesuaikan dengan ukuran serta waktu yang tepat.

 

Waktu Yang tepat Untuk Memberi Makan Ikan Arwana

Untuk anakan ikan arwana, pakan yang diberikan bisa berupa cacing beku, cacing super atau kutu air. Untuk pemberian makan anakan ikan arwana tidak terlalu sulit.  Cukup campurkan kutu air atau cacing super kedalam akuarium dan biarkan mereka makan langsung. Pemilihan waktu untuk pemberian makan anak ikan arwana pun cukup fleksibel.

Pemilihan waktu untuk memberi makan ikan arwana juga perlu diperhatikan. Banyak pemilik ikan arwana pemula yang cenderung memberikan makan sembarangan dan tidak beraturan. Bahkan ada yang memberi makan ikan arwana hanya satu kali dalam sehari dalam jumlah banyak. Perlu diketahui, ikan arwana saat dia merasa lapar akan mudah stress dan sakit. Tentu anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi kan?.

Sebaliknya, pemberian makan dalam jumlah besar dan belebih juga tidak baik. Hal ini akan membuat ikan arwana kehilangan nafsu makan dan tidak akan makan dalam beberapa hari. Tentunya hal ini juga sangat tidak baik untuk kesehatan ikan. Nah untuk menghindari hal-hal tersebut, berikut ini adalah waktu pemberian makan pada ikan arwana :

  • Pagi hari sekitar jam 8.00 – 9.00 diberikan makan berupa Jangkrik yang telah dibuang kakinya sebanyak 2-3 ekor untuk arwana ukuran sedang.
  • Siang hari sekitar jam 11.00-12.00 diberikan 1 ekor anak katak saja untuk 1 ikan arwana
  • Sore hari sekitar jam 16.00 – 17.00 juga diberikan 1 ekor anak katak untuk setiap ikannya.

 

Untuk pemberian makan pada ikan arwana dewasa berukuran cukup besar, pemberian makan bisa dilakukan dengan menambahkan jumlah makanan untuk setiap ekor ikan arwana. Jumlah makanan yang diberikan bergantung pada ukuran tubuh arwana itu sendiri. Sebagai contoh untuk pemberian makan ikan arwan dengan ukuran sekitar 30 cm :

  • Pagi hari sekitar jam 8.00 – 9.00 diberikan makan berupa anak katak sebanyak 2-3 ekor.
  • Siang hari sekitar jam 11.00-12.00 diberikan 1 ekor kelabang besar untuk 1 ikan arwana.
  • Sore hari sekitar jam 16.00 – 17.00 bisa diberikan 1-2 ekor Kelabang untuk setiap ikan.

 

Namun jika setelah pemberian makan, ternyata arwana masih terlihat lapar. Berikan tambahan 1-2 ekor jangkrik saja.

 

Jenis Makanan Ikan Arwana Yang Dianjurkan

Jenis pakan untuk ikan arwana sangat beragam. Mulai dari pakan buatan maupun pakan alami seperti serangga. Ikan arwana termasuk kedalam jenis ikan predator, untuk itu mereka sangat gemar memakan serangga-serangga kecil atau binatang kecil lainnya. Nah diantara beragam jenis pakan tersebut, berikut ini adalah makanan ikan arwana yang sangat umum diberikan oleh para pecinta arwana :

 

Cacing beku / cacing sutra

cacing beku untuk makanan ikan arwana

Cacing sutra merupakan salah satu menu favorit yang diberikan untuk anak ikan arwana. Selain kutu air, cacing sutra juga bagus diberikan untuk makanan anak ikan arwana yang masih kecil. Selain teksturnya yang lunak serta ukurannya yang sesuai dengan mulut anak ikan arwana, cacing sutra juga kaya akan protein dan lemak yang bagus untuk pertumbuhan anak-anak ikan arwana.

 

Jangkrik

jangkrik untuk makan ikan arwana

Serangga ini bisa dikatakan sebagai salah satu menu utama ikan arwana. Jangkrik memiliki kandungan beta Carotene yang baik untuk ikan arwana. Jenis arwana golden red maupun arwana super red sangat dianjurkan diberi pakan jangkrik. Karena jangkrik dapat merangsang warna merah pada ikan agar lebih cerah. Jangkrik yang baik dijadikan pakan arwana adalah jangkrik muda. Untuk pemberian jangkrik, jangan lupa potong dulu semua kaki jangkrik yang tajam untuk menghindari luka pada ikan arwana.

 

Kelabang

Kelabang untuk makan ikan arwana

Kelabang adalah salah satu menu utama yang paling banyak diberikan untuk ikan arwana. Seperti halnya jangkrik, kelabang juga mengandung beta Carotene untuk ikan arwana. Namun alasan pemberian pakan berupa kelabang adalah untuk memaksimalkan warna merah pada ikan arwana. Perlu diperhatikan bahwa selain harganya yang mahal, ikan arwana yang terbiasa diberi pakan kelabang cenderung akan menjadi pemilih dalam makanannya.

 

Anak katak

anak katak untuk makan ikan arwana

Anak katak juga merupakan jenis pakan yang baik untuk ikan arwana. Tentu saja pemberian pakan ini hanya untuk ikan arwana berukuran sedang hingga dewasa. Anak katak dapat membantu pertumbuhan bagi ikan arwana remaja supaya cepat besar. Namun tidak semua ikan arwana suka dengan anak katak. Selain itu anak katak hanya diberikan sebagai makanan pelengkap saja. Karena jika ikan arwana diberi makan anak katak secara terus menerus ikan arwana cenderung akan berwarna pucat.

 

Udang

udang untuk makan ikan arwana

Pemberian udang disini adalah udang yang masih segar. Jangan berikan ikan anda udang yang sudah beku apalagi busuk. Sebelum memberikan udang kepada arwana, terlebih dahulu buanglah sungut udang tersebut. Hal ini dilakukan agar sungut udang tidak melukai ikan arwana saat memakannya. Jenis arwana silver dan arwana golden red termasuk jenis yang sangat menyukai udang. Disamping itu, udang juga sangat bangus dalam pembentukan warna pada ikan arwana.

 

Kecoa

kecoa untuk makan ikan arwana

Serangga yang sering menjadi phobia bagi banyak orang ini cukup mudah ditemukan. Kecoa kaya akan protein serta dapat menambah nafsu makan ikan arwana. Namun jenis kecoa yang bagus adalah kecoa madagascar, walau harganya tergolong mahal tapi kandungannya sangat baik untuk ikan arwana. Untuk mendapatkannya tidaklah begitu sulit, banyak toko pakan yang menyediakannya. Karena kandungan protein yang tinggi, kecoa jenis ini juga banyak dicari untuk pakan reptil.

 

Cicak atau Kadal

cicak untuk makan ikan arwana

Cicak juga merupakan salah satu pakan bagi ikan arwana. Walau tidak semua ikan arwana suka memakan cicak atau kadal, tapi ini juga bisa dijadikan makanan tambahan untuk ikan arwana dewasa. Anda bisa sesekali mencoba memberikan ikan arwana anda cicak atau kadal untuk melihat apakah ikan anda menyukainya atau tidak.

 

Pelet Arwana

pelet untuk makan ikan arwana

Pelet adalah pakan buatan dan sangat umun dijumpai di toko-toko ikan. Walaupun pelet dibuat dengan tambahan vitamin, namun jenis pakan ini jarang menjadi pilihan para pencinta arwana. Mereka cenderung lebih suka meberikan makan ikan arwana mereka dari makanan alami seperti jangkrik atau kelabang. Namun bagi anda yang ingin memberikan pelet sebagai makanan ikan arwana anda, sebaiknya telitilah kandungan didalamnya. Sesuaikan dengan kebutuhan ikan yang anda pelihara.

 

Untuk mendapatkan ikan arwana yang sehat dan cantik memang tidaklah mudah. Perawatan serta pemilihan makanan yang tepat juga perlu diperhatikan. Jangan sampai pemberian makan yang sesuai dengan jenis serta takaran agar ikan arwana anda senantiasa sehat dan tumbuh dengan baik. Semoga Bermanfaat!

Incoming search terms:

  • makanan ikan arwana biar cepat besar
  • arwana silver cepat besar
  • manfaat cicak untuk arwana
  • makanan arwana biar cepat besar
  • pelet ikan arwana
  • makanan arwana supaya cepat besar
  • pakan arwana silver agar cepat besar
  • Agar ikan arwana cepat besar
  • arwana silver cepat tumbuh besar
  • ternak arwana silper agar cpat besar