Cara memelihara guppy agar tidak cepat mati

Aturan Pemeliharaan Ikan Guppy Agar Tidak Cepat Mati

Salah satu ikan yang saat ini memiliki banyak peminat adalah ikan guppy. Ada berbagai jenis – jenis ikan guppy yang bisa anda pilih berdasarkan masing – masing pengelompokan misalnya dari jenis spesies hingga pemilihan ikan guppy berdasarkan warna ikan.

Miliki Aquarium dengan Sirkulasi Baik

Hal pertama yang harus anda lakukan yakni dengan memelihara ikan guppy pada akuarium yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Ikan guppy merupakan jenis ikan yang berasal dari Amerika Selatan sehingga ketika anda memutuskan untuk memelihara jenis ikan guppy lokal anda harus memastikan bahwa akuarium tersebut memiliki sirkulasi yang tepat.

Untuk mendapatkan sirkulasi dan kadar oksigen yang baik, anda bisa menambahkan tanaman air khusus ke dalam akuarium. Ikan guppy merupakan jenis ikan yang hidup dalam suasana hangat. Oleh karena itu anda membutuhkan akuarium dengan suhu hangat biasanya untuk mendapatkan suhu hangat anda bisa menambahkan water heater ke dalam akuarium.

Suhu ideal yang disarankan untuk memelihara ikan yakni 23 hingga 27⁰C. Selain itu anda juga harus mengondisikan kadar keasaman dalam akuarium, kadar keasaman atau pH yang disarankan dalam akuarium berkisar 7 hingga 7.2.

Jenis Ikan Guppy Berdasarkan Pola Ekor

Ada berbagai jenis ikan guppy lokal yang bisa anda pilih. Jenis ikan guppy berdasarkan bentuk ekor dibedakan menjadi beberapa jenis misalnya Veiltail merupakan jenis ikan guppy yang memiliki ekor.

berbentuk trapesium sama kaki. Selain itu warna yang dimiliki juga berbeda – beda biasanya ada yang memiliki satu warna ada juga yang memiliki beragam pola warna.

Pada bagian sirip bagian punggung serta sirip pada bagian punggung biasanya berbentuk mengalir serta memanjang. Selanjutnya ada jenis triangle-tail sering disebut juga sebagai tail guppy dan memiliki ekor dengan bentuk seperti segitiga.

Biasanya ikan tail guppy memiliki pola yang menarik dengan bagian sirip pada punggung mengalir serta panjang, untuk ukuran sirip perut jauh lebih kecil. Ada juga ikan fantail guppy, ikan ini memiliki ekor yang elegan dengan bentuk ekor seperti bentuk ekor seperti kipas. Ikan ini memiliki jenis sirip punggung yang memanjang serta pada bagian sirip perut jauh lebih kecil.

Ikan guppy yang unik lain yakni jenis ikan guppy double swordtail, ikan ini cukup menarik dan unik karena ikannya memiliki ekor seperti jenis ekor pada swordtail namun ikan ini memiliki dua ekor yang berbentuk panjang serta memiliki bentuk seperti pedang pada bagian sisi pangkal ekor.

Jenis ikan guppy lokal yang memiliki ekor berbentuk dayung disebut sebagai ikan guppy cofertail dan merupakan jenis ikan guppy yang menjadi bagian dari guppy ekor pendek. Ikan ini biasanya digunakan dalam kontes ikan internasional.