Merawat Sirip Ekor Cupang Yang Rusak

Diposting pada

ikan cupang terbagi kedalam 2 kategori, yaitu ikan cupang aduan dan ikan cupang hias. Ikan mungil ini sering dijadikan ikan hias karena warnanya yang canting serta bentuk siripnya yang panjang terjuntai. Sirip yang sering kali berlenggak-lenggok ketika berenang terutama pada sirip dada, ekor dan punggung. Untuk mendapatkan kualitas warna dan bentuk cupang yang indah, tentu membutuhkan perawatan dan waktu yang tidak sebentar.

Sirip ekor ikan cupang memiliki ukuran yang cukup panjang serta rawan akan kerusakan. Penyebab kerusakan ekor ini cukup beragam seperti pertarungan sesama cupang, tergores tangan saat pembersihan atau pemindahan, atau bisa karena ikan cupang memakan siripnya sendiri karena kelaparan. Untuk itu anda perlu menjaga pakan cupang agar tidak kelaparan dan nyeakiti dirinya sendiri.

cara memanjangkan ekor ikan cupan

Cara Memanjangkan Ekor Cupang Dengan Cepat

Ekor cupang yang robek atau rusak dapat tumbuh kembali menjadi panjang. Secara alami, ekor tersebut akan tumbuh dengan sendirinya. Namun ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mempercepat tumbuhnya sirip ekor pada cupang.

Ganti Air Setiap Hari

Lakukan penggantian air setiap hari adalah salah satu langkah awal dalam mempercepat tumbuhnya ekor cupang. Kualitas air yang terjaga kebersihannya akan merangsang pertumbuhan pada ekor cupang yang rusak hingga menjadi panjang kembali. Penggantian air tidah harus dilakukan secara keseluruhan, cukup sebagian saja.

Berikan Antibiotik

Memberikan antibiotik pada aquarium. Salah satu antibiotik alami untuk ikan adalah daun ketapang kering yang dapat diletakkan langsung pada air aquarium. Daun ketapang menjaga luka pada sirip agar tidak dihinggapi bakteri dan mempercepat penyembuhan. Daun ketapang juga membuat pH air menjadi normal, namun pemberian daun ketapang akan membuat air menjadi sedikit kekuningan. Pemilihan daun ketapang juga perlu diperhatikan, kualitas daun ketapang yang baik berasal dari daerah pesisir pantai.

Baca juga : Daun Ketapang Untuk Cupang

Memberi Garam Ikan

Memberikan garam ikan sebagai penyeimbang osmosis bagi tubuh ikan. Garam ikan juga berfungsi mempercepat penyembuhan luka pada sirip. Untuk pengobatan sirip, pemberian garam ikan dapat dilakukan dengan takaran 0,1% dari jumlah air. Artinya anda hanya butuh 10 gram saja untuk setiap liter air aquarium. Jangan gunakan garam ikan secara berlebih karena justru akan berdampak tidak baik bagi cupang.

Baca juga : 10 Fungsi Garam Ikan

Pakan Bergizi

Asupan gizi pada pakan juga sangat diperlukan untuk memastikan ekor dapat tumbuh dengan cepat. Beberapa pakan ikan cupang yang baik diberikan adalah jentik nyamuk dan kutu air. Kedua jenis pakan tersebut mampu memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan cupang selama proses pemanjangan ekor.

Perlu waktu sekitar 1-2 minggu akar ekor cupang kembali panjang. Waktu penyembuhan akan lebih lama jika kerusakan cukup parah seperti patah tulang sirip ekor. Selain itu anda juga dapat memberikan metil biru yang dapat dibeli di toko ikan hias sebagan tambahan pengobatan.

Incoming search terms:

  • pakan yg diperlukan ikan untuk memperpanjang ekor