Cara Mencegah Ikan Gurame Jamuran

Diposting pada

Gurame merupakan salah satu jenis ikan yang tidak terlalu membutuhkan air yang jernih. Walau begitu, tidak berarti ikan gurame tahan terhadap serangan hama penggangu dan penyakit. Salah satu penyakit yang sering dijumpai para pembudidaya ikan gurame adalah jamur putih pada tubuh ikan. Jamuran pada ikan gurame ini merupakan masalah utama yang dihadapi pembudidaya gurame. Umumnya serangan jamur sering sering menyerang ikan gurame yang masih muda dan bisa berujung pada kematian ikan tersebut.

Ciri-ciri ikan gurame jamuran adalah, terdapat bintik atau semacam kapur pada sisik ikan gurame. Gurame yang terinfeksi jamur harus segera dipisahkan untuk menghindari penularan jamur pada ikan lainya pada kolam pembudidayaan. Ikan gurame yang terserang jamur awalnya akan tampak biasa saja, namun lama-kelamaan gurame akan semakin lemas hingga kemudian mati perlahan.

Cara Mencegah Ikan Gurame Jamuran

Salah satu kunci dalam mencegah jamuran pada ikan gurame adalah dengan menjaga kebersihan air kolam misal dengan melakukan penyiponan pada kolam terpal. Pergantian air kolam juga penting dilakukan untuk menjaga air tetap bersih, pergantian air kolam dapat dilakukan setidaknya 2 minggu sekali atau bergantung pada kebutuhan. Pergantian air diharapkan dapat meminimalisir berkembangnya bibit penyakit dan jamur pada kolam.

Hal lain dalam mencegah ikan gurame jamuran adalah dengan memeriksa setiap ikan yang baru terutama bibit ikan. Periksa semua bibit ikan yang baru datang untuk memastikan bahwa tidak ada bibit yang terinfeksi jamur. Penyebaran dapan dengan cepat terjadi jika salah satu bibit yang terkena jamur tidak segera dipisahkan. Hai ini tentunya beresiko membuat bibit gurame akan mengalami kematian massal karena terinfeksi jamur. Tentunya anda tidak mau mengalami kerugian yang besar hanya karena kurang memperhatikan kesehatan bibit yang anda peroleh.

cara mencegah gurame jamuran

Mengobati Gurame Jamuran

Memang jamur putih cukup mudah menyerang ikan gurame, terkadang ada saja beberapa ikan yang dihinggapi jamur. Jika anda menemukan beberapa gurame yang terkena jamuran dapat anda karantina dan beri obat seperti OxyTetraCycline (OTC), biasanya berbentuk serbuk halus berwarna kuning. Selain digunakan langsung pada ikan, OTC juga bisa ditaburkan langsung pada kolam budidaya ikan untuk mencegah munculnya jamur putih.

Belajar dari pengalaman, dengan penaburan OTC pada kolam dapat membuat ikan yang tadinya lemas karena jamuran berangsur pulih. Bahkan bintik-bintik pada sisik ikan gurame perlahan menghilang. Penaburan obat ini juga baik dilakukan pada kolan ikan air tawar jenis lainnya seperti ikan mas, ikan nila, dan lele terutama pada kolam pembibitan.

Incoming search terms:

  • obat ikan gurame jamuran
  • cara mengatasi ikan gurame yang berjamur
  • cara mencegah penyakit ikan gurame
  • obat alami jamur ikan gurameh
  • obat jamur ikan gurame
  • cara menghilangkan jamur pada ikan gurame
  • obat otc untuk ikan gurame
  • obat jamur gurami
  • Cara mengobati gurami
  • bererapa jenis obat untuk nyembuhkan penyakit ikan gurame