Cara agar guppy tetap sehat

Tips Menjaga Ikan Guppy Tetap Sehat

Ikan guppy merupakan jenis ikan yang cukup populer bagi para penghobi ikan. Ikan guppy juga dianggap sebagai “live-bearer” atau bisa membuahi secara internal dan selanjutnya bisa melahirkan ikan yang lebih kecil. Ikan ini menjadi jenis ikan yang cukup terkenal karena memiliki warna – warni ikan yang beragam dan ikannya memiliki warna yang cerah serta ada berbagai jenis ikan guppy import yang bisa anda budidayakan. Jika tertarik dengan jenis – jenis ikan guppy cara memeliharanya pun tidak jauh berbeda dengan ikan guppy lain.

Penyebab Ikan Guppy Mati

Banyak alasan mengapa ikan guppy bisa mati di dalam akuarium. Hal yang paling umum yakni kualitas air dalam akuarium memiliki kualitas air yang buruk. Ketika anda memberi makan ikan anda juga harus memperhatikan apakah anda mencemari air atau tidak.

Selain itu kekurangan oksigen dalam akuarium juga bisa menyebabkan ikan guppy cepat mati. Terkadang beberapa orang memberikan air yang terlalu dingin ataupun terlalu hangat sehingga anda harus bisa memastikan bahwa suhu air terjaga pada suhu 23 – 27⁰C.

  Merawat Sirip Ekor Cupang Yang Rusak

Jangan lupa bahwa dalam memelihara ikan guppy perlu memperhatikan siklus akuarium pada ikan guppy. Pertama, anda harus memasukkan setup pada akuarium misalnya pemasangan filter serta dekorasi pada ikan guppy.

Selanjutnya anda perlu menambahkan deklorinator atau alat anti klorin untuk mendapatkannya anda bisa membelinya di toko ikan terdekat. Selanjutnya tambahkan bakteri starter yang bisa anda dapatkan juga di toko ikan. Jangan lupa untuk menyalakan filter pada akuarium biasanya 1 – 2 minggu sampai akhirnya bakter starter bisa membetuk koloni di akuarium.

Cara Menjaga Ikan Guppy Tetap Sehat

Sebelumnya anda sudah tahu ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ikan guppy mati. Nah untuk itu anda perlu tahu bagaimana caranya membuat ikan guppy tetap sehat. Anda harus memberikan pakan ikan yang tepat, ada berbagai jenis ikan guppy import untuk memberi makan anda bisa memberi makanan berupa serpihan, pellet sayuran, tablet spirulina, tubifex hingga cacing darah.

Selalu ganti air dengan rutin hal ini juga menjadi faktor kunci agar ikan guppy tetap sehat. Para ahli ikan guppy menyarankan untuk mengganti air sebanyak sekali tiap minggunya. Selain itu untuk proses perawatan ikan secara rutin anda bisa membersihkannya dan bisa menggunakan bilas saja jika anda menggunakan filter spons.

  Cara Perawatan Aquarium Ikan Hias Yang Benar

Pastikan anda tidak menggunakan kran karena bisa membunuh bakteri yang menguntungkan. Berbagai jenis ikan guppy import juga membutuhkan cara penanganan penyakit yang tepat, anda bisa melakukan pencegahan penyakit dengan cara melakukan karantina sebelum memasukkan ikan guppy ke dalam akuarium. Hal in berguna untuk membunuh parasit yang tidak diinginkan.