Budidaya ikan patin

Cara Budidaya Ikan Patin, Pemula Juga Bisa

Cara Budidaya Ikan Patin Dalam Ember

Ikan.infoCara Budidaya Ikan Patin – Tidak bisa dipungkiri, pada saat ini peluang usaha sangat banyak sekali dan juga bisa kamu awali dari jenis usaha apapun, yang salah satunya yaitu dengan melakukan budidaya pada ikan patin.

Usaha yang satu ini juga terbilang sangat menggiurkan. karena ikan patin sudah menjadi salah satu ikan terfavorit dimana potensi dari permintaan pasar yang sangat tinggi.

Usaha pada budidaya ikan patin ini juga sudah terbilang sangat mudah dengan juga cukup dengan modal usaha yang terbilang kecil.

 

Budidaya ikan patin

Budidaya Ikan Patin di Ember

Selain dengan menggunakan media-media pembudidayaan ikan patin seperti  di berbagai macam kolam, ternyata membudidayakan ikan jenis patin ini juga bisa kamu lakukan di dalam ember.

Memdudidayakan ikan jenis patin di dalam ember ini adalah cara yang cukup sederhana jika dibandingkan dengan cara-cara yang lainya dimana kamu hanya perlu membuat sebuah kolam dan juga menyiapkan segala macam perlengkapan yang lainnya.

Cara pembudidayaan terhadap ikan yang satu inipun bisa dibilang suatu percobaan. Hal tersebut karena kapasitas, air, tempat ataupun ikan yang akan dibudidayakan pun tentu saja hanya bisa sedikit.

Kenapa sedikit? Karena tempat untuk pembudidayaanya yang sangat sempit sekali. Biasanya kalau membudidayakan ikan di dalam ember ini kebanyakan yaitu dilakukan pada ikan lele, namun pada ikan patin juga ternyata bisa.

Pada saat kamu akan melakukan pembudidayaan terhadap ikan patin ini di dalam kolam, maka pertama tentu saja kamu harus mempersiapkan bibit dari ikan patin tersebut yang unggul.

Ketika kamu memilih bibit yang unggul, maka perkembangan dari ikan tersebut juga akan menjadi lebih baik. Sebenarnya untuk pembudidayaan ikan ini di dalam ember ini memang lebih dilakukan yaitu untuk jenis ikan lele.

Mengapa? Karena tempatnya yang terbatas tersebut lele masih bisa bertahan bahkan tanpa harus sering kamu ganti airnya.

Hal tersebut karena lele masih tetap bertahan pada kondisi air yang sangat buruk sehingga akan tetap aman dan juga mampu bertahan di dalam tempat yang minim oksigen.

Bahkan di dalam satu ember tersebut, bisa juga kamu lakukan budidaya lele sekitar 60-100 ekor. Nah, untuk melakukan pembudidayaan pada ikan jenis patin ini di dalam sebuah ember, tentu saja tidak bisa sebanyak ikan lele.

Ditambah lagi ikan patin ini tidak memiliki kemampuan bertahan dengan kondisi air yang sangat buruk, sehingga akan memerlukan alat aerotor atau penambah oksigen supaya mampu bertahan di dalam ember.

Sedangkan untuk satu ember tersebut hanya bisa bisa ditempati sebanyak 5 ekor patin saja karena patin sangat mebutuhkan media yang luas. Oleh sebab dari itu, supaya ikan tetap mampu berkembang dengan baik di dalam ember tersebut, maka kamu perlu melakukan pembersihan secara berkala.

Selain itu, pemberian pada pakannya pun harus kamu perhatikan yaitu bisa dengan menggunakan pelet ataupun makanan jenis yang lainya yaitu secara rutin 3 kali sehari.

Daya tahan tubuh dari ikan patin ketika kamu pelihara di dalam ember tersebut juga sangat penting sekali untuk perhatikan.

Untuk itu kamu perlu sekali memberikan vitamin dan juga prebiotik yang dengan mudah bisa kamu beli di toko yang terdekat.

Cara Budidaya Ikan Patin Untuk Pemula

  • Mencari dan memilih pada benih ikan yang berkualitas.
  • Pembuatan pada media untuk tempat melakukan budidaya.
  • Menebarkan benih kedalam media.
  • Memberikan pakan pada ikan yang berkualitas.
  • Melakukan pemeliharaan terhadap ikannya.
  • Memanen hasil dari budidaya.

Langkah-langkah di atas merupakan cara untuk pemula, jika kamu ingin serius dan memutuskan melakukan budidaya iakn patin maka proses yang harus dimulai dari berikut ini :

  • Pemilihan pada calon induk yang sudah siap di pijah.
  • Persiapan hormon untuk perangsang/kelenjar hipofise dari ikan donor, yaitu ikan mas.
  • Melakukan Kawin suntik (induce breeding).
  • Pengurutan (striping).
  • Penetasan terhadap telur ikan.
  • Perawatan terhadap larva ikan.
  • Pendederan terhadap anakan.
  • Pemanenan pada hasil budidaya.