Mengenal Beragam Jenis Ikan Platy Dan Kasifikasinya

Diposting pada

Ikan Platy memiliki nama ilmiah Xiphophorus Maculates, ikan ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Utara. Jenis ikan Platy tergolong ikan dengan ukuran mungil, panjang badannya hanya sampai 5 cm saja. Ikan Platy umumnya dijadikan ikan hias pengisi aquarium, ini karena sifat dari ikan Platy yang ramah dan tidak agresif.

Perawatan ikan Platy juga tergolong mudah, pakan bisa diberikan berupa pakan alami maupun pakan buatan.Ikan ini mampu bertahan hidup pada air dengan suhu antara 20°C-26°C dengan pH sekitar 7,0 -8,0. Ikan Platy sangat cocok dipelihara dalam aquarium, ikan ini memiliki sifat yang mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan tempat hidupnya. Ikan Platy menyukai habitat tinggal dengan banyak tanaman air sebagai tempat berenang, bermain dan berkembang biak.

gambar ikan platy

 

Klasifikasi Ikan Platy

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygi
Ordo : Cyprinodontiformes
Famili : Poecilidae
Genus : Xiphophorus
Spesies : Xiphophorus Maculates

Perbedaan Ikan Platy Jantan dan Betina

Ikan Platy, pada dasarnya memiliki perbedaan yang dapat dengan mudah dicermati dengan mata. Secara kasat mata ada 2 hal yang dapat kita lihat untuk mengetahui perbedaan ikan Platy jantan dan ikan platy betina :

  1. Ikan Platy jantan memiliki gonopodium yang terletak pada sekitar sirip perutnya, sedangkan pada ikan Platy betina tidak memiliki gonopodium tersebut.
  2. Ikan Platy jantan cenderung memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan ikan Platy betina. Dibeberapa jenis ikan Platy, warna pada jantan cenderung lebih mencolok dari pada betinanya.

 

Jenis – Jenis Ikan Platy

Ikan mungil ini memiliki banyak variasi jenis. Variasi ini biasanya dikelompokan berdasarkan warna, bentuk tubuh, pola warna dll. Beberapa jenis ikan Platy yang cukup sering dijumpai adalah sebagai berikut

 

Platy Color Variations

variasi warna platy
Platy Color Variations

Platy merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang berwarna-warni. Warna ikan platy berkisar dari kuning pucat sampai hitam pekat dengan berbagai pola dan motif. Nama-nama ikan Platy berdasarkan variasi warnanya pun sangat beragam. Umumnya ikan Platy memiliki lebih dari 1 warna dengan perpaduan corak dan pola pada badannya. Beberapa jenis warna yang dapat dijumpai pada ikan Platy adalah sebagai berikut

  • Hitam
  • Putih
  • Biru
  • Coklat
  • Emas / Kuning
  • Hijau
  • Merah

 

Platy Wagtail

ikan platy wagtail
Ikan Platy Wagtail

Ketika anda melihat ikan Platy yang memiliki warna ekor dan sirip berwarna hitam, berarti anda sedang melihat ikan Platy dengan sebutan Wagtail. Warna merah dan kuning adalah warna yang sering berpadu dengan pola wagtail. Namun sebenarnya wagtail dapat terjadi pada semua jenis warna pada ikan Platy. Tak jarang terkadang kita menemukan ikan Platy Wagtail dengan kombinasi warna biru ataupun hijau.

 

Platy Mickey Mouse

platy mickey mouse
Platy Mickey Mouse

Penamaan tokoh kartun disney Mickey Mouse ini mengacu pada pola yang dimiliki ikan Platy. Pada jenis ini, ikan Platy akan memiliki warna hitam dengan pola seperti bentuk kepala Mickey Mouse. Jenis ini cukup digemari para pecinta ikan hias khususnya ikan Platy.

 

Platy Tuxedo

platy tuxedo
Platy Tuxedo

Untuk membedakan jenis ikan Platy Tuxedo dengan jenis lainnya adalah dari segi warnanya. Platy Tuxedo mendapat namanya dari bentuk warna hitam pada bagian samping tubuhnya yang menyerupai tuxedo. Kombinasi warna hitam pada jenis ini sangat beragam.

 

Platy Pelangi

platy pelangi
Platy Pelangi

Sesuai namanya, Platy jenis ini memiliki kombinasi banyak warna seperti pelangi. Warna yang terdapat pada jenis ini sering kali benar-benar menyerupai warna pelangi, dimuai dari warna yang lebih gelap dan terus bergradasi ke warna yang lebih terang. Salah satu variasi Platy pelangi yang cukup populer adalah platy dengan warna yang mencolok dan biasa disebut dengan Platy Neon.

 

Platy Hifin

Platy Hifin
Platy Hifin

Platy Hifin termasuk jenis yang cukup mudah ditemui dipasaran. Platy Hifin memiliki sirip dorsal berbentuk memanjang dan mencolok. Seperti pada jenis Platy lainnya, Platy Hifin juga memiliki kombinasi dengan berbagai warna. Namun sirip dorsal yang memanjang ini biasanya rentan terhadap serangan penyakit terutama saat ikan merasa stress. bagi pemilik jenis Hifin, ada baiknya selalu memperhatikan kondisi kesehatan ikan dan segera beri pertolongan jika melihat gelagat yang tidak biasa pada ikan.

 

Platy Pintail

Platy Pintail
Platy Pintail

Jenis Platy Pintail juga cukup mudah dikenali. Varian ini juga banyak ditemui dipasaran, meski tidak sebanyak jenis Hifin. Salah satu ciri khas dari Platy Pintail adalah bentuk sirip ekornya yang berbeda dari jenis lain. Platy Pintail memiliki sirip ekor dengan bagian tengah yang memanjang dan runcing. Beberapa orang menyebut varian ini sebagai Platy ekor pedang.

Ikan Platy sering kali disamakan dengan ikan Molly, walaupun sekilas memang mirip tapi jika diperhatikan kedua ikan ini jauh berbeda. Pada kesempatan berikutnya akan coba dibahas tentang perbedaan ikan Platy dan ikan Molly. Agar tidak salah lagi dalam mengenali mana yang ikan Platy dan mana yang ikan Molly.

Incoming search terms:

  • jenis ikan platy
  • ikan platy
  • nama nama ikan platy merah
  • Jenis ikan platy 2018
  • jenis ikan platty
  • jenis Ikan platis
  • jenis ikan hias platy
  • Jenis dan daftar nama ikan mickey mouse
  • varian ikan platy
  • ikan platy hitam