5 Cara Mudah Merawat Cupang Hias Bagi Pemula

Diposting pada

Ikan cupang hias termasuk salah satu jenis ikan yang tidak terlalu sulit dalam perawatannya. Ikan ini cukup populer di Indonesia, mulai dari anak-anak hingga dewasa kenal dengan ikan kecil ini. Namun berbicara masalah perawatan, saya ada beberapa tips dalam memelihara ikan hias. Tips ini cukup mudah bahkan cocok untuk pemula yang baru mencoba untuk merawat ikan cupang hias.

ikan cupang hias

Teknik Sederhana Perawatan Ikan Cupang Hias

1. Menjaga Kualitas Air

Air merupakan unsur penting dalam pemeliharaan ikan cupang hias, pengolahan air yang benar akan menjaga ikan tetap dalam kondisi terbaiknya. Untuk memilih aquarium pemeliharaan, usahakan memilih ukuran yang tidak terlalu kecil. Sebagai gambaran, jika air dalam aquarium tersebut di ganti/di sifon sebanyak 50% ikan masih dapat bergerak bebas.

Penyifonan pada aquarium sangat penting dilakukan secara rutin setiap hari. Ini memastikan air selalu dalam keadan bersih sehingga pertumbuhan ikan cupang menjadi semakin baik dan tidak gampang sakit.

Penggantian air total dapat dilakukan seminggu sekali, jangan biarkan air tidak diganti dalam waktu yang lama. Terlambat mengganti air membuat sisa pakan dan kotoran menumpuk. Hal ini dapat mengundang penyakit pada ikan cupang, seperti : white spot, velvet dll.

2. Waktu Pemberian Pakan

Ikan cupang hias dapat diberi pakan 2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Pemberian pakan pun dilakukan secukupnya saja, tidak berlebihan. Pemberian pakan berlebih tentunya tidak baik untuk ekosistem aquarium cupang. Sisa pakan yang tidak termakan akan menjadi kotoran yang membuat keindahan aquarium menjadi berkurang.

Usahakan memberi pakan usahakan selalu menggunakan takaran seperti sendok. Untuk pemberian pakan hidup seperti kutu air ataupun jentik nyamuk, dapat dijadikan sebagai pakan pokok bagi ikan cupang. Namun jika anda kesulitan dalam menemukan pakan hidup, anda bisa memberikan pelet dengan takaran yang sama setiap pemberian pakan.

3. Periksa Kesehatan Ikan Cupang

Ikan yang sehat ditandainya pergerakan yang aktif dan lincah. Baik cupang hias maupun cupang aduan adalah jenis ikan yang gesit dan serang bergerak. Cupang yang sehat ditandai dengan pergerakan insang yang stabil, tidak sering berada dipermukaan ataupun berenang di dasar. Ikan yang sehat akan selalu berada pada posisi berenang ditengah akuarium.

Jika aktivitas ikan cupang terlihat lesu dan malas atau sering berenang dipermukaan, bisa jadi ada masalah dengan cupang anda. Biasanya ikan cupang yang sakit akan terlihat menunjukan perilaku tidak seperti kebiasaannya. Pengecekan dapat dilakukan pada saat pemberian pakan, selalu perhatikan perilaku dan kondisi fisik ikan. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan obat-obatan agar kita bisa segera memberi pertolongan saat ikan sakit.

4. Melatih Ikan Cupang

Untuk dapat melatih ikan dapat dilakukan dengan cara melakukan penjemuran antara 5-10 menit pada pagi hari. Bahkan akan lebih bagus lagi jika kita sempatkan menjemur pada saat sore hari selama kurang lebih 30 menit. Penjemuran pada sore hari dilakukan saat ikan sudah diberi makan.

Untuk melatih mental ikan dapat dilakukan dengan membuka tutup sekat, namun jangan biarkan ikan ngedok terlalu lama. Selain itu latihan juga dapat dilakukan dengan meletakkan ikan lain disebelahnya. Usahakan ikan tersebut memiliki ukuran dan warna yang tidak jauh berbeda dengan cupang hias anda. Ikan yang memiliki ukuran lebih besar bisa jadi malah membuat ikan anda takut, jika itu terjadi segera ganti ikan dengan ukuran yang lebih kecil.

5. Penempatan Ikan

Ikan cupang memiliki berbagai kriterian dan tujuan masing-masing dalam pemeliharaannya. Ada yang berupa ikan aduan, ikan cupang hias, indukan cupang dll. Untuk itu tempatkan ikan sesuai dengan pengelompokannya, seperti indukan dengan indukan, cupang hias dengan cupang hias dst.

Lokasi penempatan ikan pun harus ditempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Jangan tempatkan ikan pada lokasi yang pengap dengan minim cahaya. Selain itu suhu ruangan janagn terlalu panas berkisar antara 23-28 Celcius.

Kelima tips tersebut dapat anda aplikasikan dalam merawat ikan cupang hias. Semoga beberapa tips sederhana tersebut dapat membantu anda dalam memelihara ikan cupang hias dengan baik.

Incoming search terms:

  • ikan cupang hias
  • cupang hias