4 Cara Mencari Indukan Jantan Cupang Yang baik

Diposting pada

Pada artikel kali ini, saya akan mencoba berbagi tips tentang cara mencari indukan ikan cupang jantan yang bagus. Budidaya ikan cupang tentu saja perlu untuk memilih indukan jantan yang baik, tentu saja ini bertujuan untuk menghasilkan anakan cupang yang berkualitas. Pemilihan indukan cupang jantan memiliki kriterianya sendiri dan tidak bisa disamakan dengan memilih indukan cupang betina.

cara memilih indukan cupang jantan

Cara Memilih Indukan Cupang Jantan

Dalam pemilihan indukan ikan cupang jantan, ada 4 hal yang perlu diperhatikan agar menghasilkan keturunan yang baik. Keempat hal tersebut adalah pemilihan dari segi usia, keaktifan, warna dan juga form. Nah untuk lebih jelasnya, mari disimak pembahasannya berikut ini.

1. Memiliki Usia Cukup

Hal pertama yang perlu dilihat adalah segi usia indukan jantan, indukan jantan yang baik adalah indukan yang sudah cukup dewasa. Dalam hal ini anda dapat memilih indukan jantan dengan usia minimal 7 bulan. Semakin tua usia indukan jantan akan semakin bagus.

Tujuan dari pemilihan indukan cupang jantan yang sudah tua karena indukan jantan yang sudah cukup umur akan lebih cakap dalam merawat burayaknya. Selain itu jika indukan jantan sudah berusia lebih dari 7 bulan juga akan meminimalisir resiko jantan memakan burayaknya sendiri.

2. Cupang Dalam Kondisi Sehat

Tentu saja kita harus memilih indukan yang sehat, namun bagaimana cara mengetahui indukan cupang sehat atau tidak?. Cara mengetahui indukan jantan yang sehat adalah dengan melihat keaktifan si jantan tersebut.

Cupang jantan dalam kondisi sehat biasanya akan aktif, ini dapat terlihat juga dari pergerakan insang yang sering digerakan. Cupang yang sehat juga cenderung berada pada posisi tengah, bukan pada permukaan ataupun pada dasar aquarium. Jadi pastikan anda memperatikannya sebelum memilih.

3. Perhatikan Warna Cupang

Dalam pemilihan warna, perhatikan juga warna pada ikan cupang jantan tersebut. Cupang yang baik adalah cupang yang memiliki warna yang cerah. Warna cerah disini maksudnya adalah memiliki warna yang bagus (warnanya keluar), tidak pucat atau kusam. Jadi bukan berarti indukan harus memiliki berwarna-warni, cupang warna gelap pun bagus asalkan warnanya tidak kusam atau pucat.

4. Memiliki Form Yang Bagus

Untuk memilih indukan jantan yang bagus adalah yang memiliki form bagus, ciri-cirinya adalah :

  • Kedokan kebuka keduanya.
  • Memiliki insang dengan ukuran sama besar.
  • Dasi/sirip dada sama panjang.
  • Bentuk sirip ekor membentuk setengah lingaran (half moon).
  • Dorsal/sirip ekor atas melebihi panjang ekor bawah.

Pemilihan form pada cupang merupakan hal yang cukup krusial, bentuk form yang bagus adalah sirip atas sudah menyatu dengan sirip punggung. Dan sirip bawah ekor juga sudah menyatu dengan sirip perut bawahnya. Jenis form seperti ini adalah yang baik untuk dijadikan indukan.

Keempat tips diatas dapat anda terapkan dalam pemilihan indukan cupang jantan yang bagus. Pemilihan indukan jantan berbualitas berperan besar dalam menentukan kualitas anakan yang dihasilkan. Setelah anda mendapatkanindukan jantan, maka anda juga perlu mengetahui cara memilih indukan cupang betina yang bagus. Dengan kedua indukan yang baik dan berkualitas, besar kemungkinan akan mengahsilkan cupang-cupang dengan kualitas yang baik juga.

Referensi Video Cara Memilih Indukan Cupang Jantan

Incoming search terms:

  • indukan bagus cupang jntan