Teknik Melatih Ikan Cupang Aduan Agar Bermental Juara

Ikan cupang merukan jenis ikan air tawar yang memiliki warna-warna yang cerah serta sirip yang indah. Tak heran jika ikan mungil ini umumnya dijadikan sebagai ikan hias. Namun tidak sedikit juga yang melatih ikan cupang mereka menjadi ikan petarung atau umum disebut cupang aduan. Beberapa proses latihan yang dilakukan dipercaya bisa menambah kekuatan fisik dan mental cupang tersebut.

Melatih cupang aduan

Melatih Cupang Aduan Dengan Benar

Melatih cupang aduan adalah kegiatan wajib yang perlu anda lakukan. Sebelum mulai bertarung, cupang aduan perlu melakukan latihan agar lebih mentalnya garang. Cupang jenis aduan ini termasuk ikan yang agresif bahkan terhadap bayangannya sendiri. Dia akan langsung siaga ketika melihat ada cupang lain disekitar mereka.

Cara Melatih Mental Cupang Aduan

Melatih cupang aduan tidak perlu dilakukan terlalu sering. Idealnya cupang aduan hanya perlu dilatih 1-2 kali saja seminggu sebelum bertarung. Untuk melatih mental petarung cupang tersebut tidaklah terlalu sulit, cukup letakan cupang pada wadah berisi air yang sedikit. Secara alami cupang akan berusa melompat untuk mempertahankan hidup. Proses ini harus diawasi dengan baik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada ikan cupang.

  4 Cara Mencari Indukan Jantan Cupang Yang baik

Memang proses latihan ini cukup ekstrim bagi cupang. Jika anda ragu-ragu unutk menggunakan metode latihan ini, sebaiknya jangan di paksakan. Model latihan cupang ini juga tidak boleh dilakukan terlalu sering cukup satu atau dua kali saja sebelum pertarungan. Jika terlalu sering justru akan membuat kondisi ikan menjadi lemah dan mentalnya menurun.

Melatih Kekuatan Cupang

Untuk melatih kekuatan pukulan dari cupang aduan, ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan seperti :

  • Sediakan wadah yang bulat seperti ember atau baskom pada pagi dan sore hari.
  • Masukan ikan cupang kedalam wadah tersebut dengan intensitas air sedang.
  • Mulailah mengaduk air dengan arah memutar secara perlahan hingga terbentuk pusaran air.
  • Jika cupang dapat berenang melawan arus, artinya cupang memiliki kekuatan pukulan yang bagus..
  • Latihan bisa dihentikan 2 hari menjelang pertandingan.

Melatih Pernafasan Cupang Aduan

Untuk dapat melatih pernafasan ikan, teknik yang umum digunakan disebut menjatur. Jantur adalah wadah dengan lebar kecil namun memiliki ukuran yang cukup tinggi, ukuran yang disarankan adalah 20 x 20 x 100 cm. Untuk proses latihan dapat dilakukan dengan cara mengisi air kedalam jantur hingga ketinggian 90cm. Selanjutnya masukan ikan cupang aduan kedalam jantur tersebut.

  Hal Yang Diperhatikan Dalam Merawat Cupang Hias

Siapkan wadah lain yang lebih kecil seperti toples, lalu ini dengan cupang lainnya sebagai lawan. Toples yang berisi cupang lawan tersebut diletakan pada posisi dasar dari jantur dan beri jarak sekitar 5cm. Lawan tanding dalam toples tersebut bertujuan agar cupang aduan akan terpancing dan berenang kebawah. Semakin dalam ikan cupang berenang, maka akan semakin kuat juga tekanan air yang ia terima. Dengan begitu diharapkan sistem pernafasan cupang akan terlaith dengan baik.

Artikel ini bisa dicari dengan kata kunci:
cara melatih ikan cupang aduan, melatih ikan cupang, tatacara melatih cupang aduan, Teknik melatih ikan cupang aduan, Teknik melatih mental cupang aduan, Vitamin apa saja agar Cupang jadi pemberani