Ikan Cupang Halfmoon

Pemeliharaan Ikan Cupang Halfmoon Yang Baik

Pada kesempatan ini, saya akan coba berbagi tips dalam perawatan ikan cupang khususnya jenis ikan cupang halfmoon. Diberi nama halfmoon mengacu pada bentuk ekornya yang seperti kipas atau bulan setengah lingkaran. Tak heran jika jenis ini menjadi salah primadona cupang hias bagi para pehobi.

Cara Merawat Ikan Cupang Halfmoon

Cupang Halfmoon termasuk jenis yang butuh perhatian lebih dalam perawatannya. Mengingat ekornya yang lebar dan panjang menjadi lebih rentan terhadap serangan kuman. Sirip ekor yang terkena kuman akan membuatnya tidak dapat mengembang secara sempurna bahkan rusak. Baiklah disini saya akan coba bahas tips penting yang harus diperhatikan dalam merawat ikan cupang halfmoon.

Akuarium Pemeliharaan

Untuk masalah akuarium sebenarnya tergantung selera masing masing penghobi. Tetapi saya pribadi untuk jenis halfmoon ini biasa menggunakan akuarium soliter ukuran 15x15x20. terkadang ada juga hobiis yang menggunakan ukuran 30x15x20, akan terlihat semakin indah, tetapi jika kita pelihara cuma 2-3 ekor saja, karena kalau banyak banyak akan terasa capek pada saat akan menguras air.

Air

Air yang digunakan sebaiknya air PAM yang telah di endapkan semalam, boleh juga menggunakan air sumur, tetapi yang dikhawatirkan air sumur sangat banyak mengandung gram yang akan memberi bekas / flek kecoklatan di akuarium kita nantinya.

Obat

Sehari harinya saya menggunakan obat untuk antisipasi ikan terkena jamur atau parasit lain, karena seperti saya sebutkan di atas, jenis halfmoon ini sangat rentan terkena jamur di sirip siripnya. Cukup gunakan sedikit garam ikan + methyline blue dengan perbandingan 1 tetes untuk 6 liter air.

Pakan

Saya biasa berikan pakan selang seling, antara cuk, kutu air, blood worm. tetapi saya pribadi lebih sering menggunakan kutu air karena tidak membuat air cepat keruh, selain itu juga gratis karena tinggal serok di empang he hee

Nah untuk perawatan sehari harinya berilah pakan ikan sehari 2x, pagi-sore. Pemberian secukupnya saja tidak usah terlalu banyak karena akan berakibat rusaknya kualitas air jika ada pakan yang tidak termakan dan mati.

Setiap 2 hari sekali, sifon kotoran di akuarium ikan kita dengan cara menyedot dengan selang kecil sedikit saja. untuk pergantian air total dapat dilakukan seminggu sekali, atau seminggu dua kali tergantung kesibukan kita.

Dan jangan lupa, untuk melatih mental ikan cupang kita, setiap pagi hari usahakan buka sekat antar ikan selama 1/2 jam, kemudian tutup kembali. Ulangi di sore hari setelah diberi pakan.

Begitulah kawan pembaca soal perawatan ikan cupang hias jenis halfmoon ini, di lain kesempatan saya akan membahas lagi perawatan ikan cupang jenis lainnya.

Artikel ini bisa dicari dengan kata kunci:
cara merawat ikan cupang halfmoon, ukuran soliter untuk cupang halfmoon