Jenis – Jenis dan Gambar Ikan Arwana Terpopuler

Diposting pada

Beragam gambar ikan arwana yang dapat dengan mudah kita temukan pada google. Memelihara ikan arwana tidak terlepas dari mitos bahwa ikan ini pembawa keberuntungan. Namun dibalik mitos tersebut, ikan arwana memang memiliki keindahan tersendiri. Tak heran banyak pecinta ikan hias yang rela merogoh kocek untuk mendapatkan jenis ikan yang satu ini. Arwana sendiri memiliki banyak jenis, namun beberapa jenis yang populer diantaranya :

1. Ikan Arwana Merah

ikan arwana merah

Ikan arwana merah merupakan ikan yang berasal dari Kalimantan Barat, Indonesia. Ikan Arwana merah banyak ditemukan pada sungai Sentarum maupun sungai Kapuas.

Namun untuk dapat memiliki jenis arwana merah ini anda tidak perlu datang langsung ke Kalimantan. Sudah banyak para pencinta arwana yang membudidayakan jenis arwana ini.

Seperti pada gambar ikan Arwana Merah, ikan ini mendapatkan namanya sesuai dengan warna tubuhnya yang dominan warna merah. Ikan arwana merah sendri terbagi kedalam 4 jenis yang umum dikenal. Ke empat jenis arwana merah tersebut adalah :

  • Arwana Golden Red
  • Arwana Orange Red
  • Arwana Blood Red
  • Arwana Chili red

 

2. Ikan Arwana Cross Back Golden โ€“ X Back Golden

ikan Arwana Cross Back Golden

Ikan Arwana Cross Back Golden memiliki beberapa nama lain seperti Arwana Golden Pahang, Bukit Merah Blue, serta Malaysia Gold. Julukan ini mengacu pada tempat Arwana ini beralas yaitu Malaysia.

Dinamai ikan Arwana Cross Back karena, pada saat ikan jenis ini tumbuh dewasa akan memiliki ring yang melingkari pungung. Arwana Cross Back Golden terbagi 4 jenis yang mengacu pada warna dasar dari ikan ini :

  • Arwana Cross Back Silver Based
  • Arwana Cross Back Gold Based
  • Arwana Cross Back Blue Based
  • Arwana Cross Back Purple Based

 

3. Ikan Arwana Red Tail Golden / Arwana Golden Red

ikan Arwana Cross Back Golden

Arwana jenis ini termasuk kedalam jenis Arwana Golden dan berasal dari Sungai Sumatra. Sifat alami Arwana Jenis Golden Red ini lebih agresif dari pada ikan arwana jenis Cross Back.

Meskipun termasuk kedalam varietas Arwana Golden, namun warna gold ikan ini tidaklah menyeluruh. Warna gold hanya terdapat pada 4-5 baris saja, sedangkan sisik yang melewati punggung tidak memiliki warna gold.

Arwana Red Tail Golden yang masih muda cenderung lebih mudah kusam dengan yang sudah tua. Namun jika dilihat sekilas, jenis Arwana Red tail Golden hampir sama dengan jenis Arwana Cross Back. Yang membedakannya adalah Arwana Red Tail Golden mampu tumbuh lebih besar. selain itu ring yang terdapat pada perut Arwana Red Tail Golden berwarna hitam sedangkan Arwana Cross Back Golden , ring terdapat pada punggung dan berwarna merah.

Harga ikan Arwana Golden Red / Arwana Red Tail Golden lebih murah jika dibandingkan dengan jenis Arwana Super Red. Warna Dasar dari Arwana Red Tail Golden terbagi kedalam beberapa jenis :

  • Arwana Red Tail Golden Blue Based
  • Arwana Red Tail Golden Green Based
  • Arwana Red Tail Golden Based

 

4. Ikan Arwana Hijau – Golden Pino

Arwana Hijau

Ikan jenis ini juga banyak ditemukan di sungai Kalimantan. Akan tetapi selain Indonesia, juga terdapat di Thailand, Myanmar, Kamboja serta Malaysia.

Ciri-ciri arwana golden pino adalah warna kelabu kehijauan dengan pola gari berwarna gelap dibagian ekornya. Mulutnya pun lebih besar dan bulat dibanding Arwana jenis lainnya. Warna hijau cerah dengan campuran perak pada badannya membuat Arwan hijau terlihat cantik. Sedangkan pada bagian ekornya warna hijau berpadu dengan warna kelabu.

Arwana hijau /Arwana golden pino tida seperti ikan awrana jenis sebelumnya. Ikan Arwana Ini tidak memiliki Ring baik pada bagian perut, maupun pada bagian punggungnya.

 

5. Ikan Arwana Banjar

Arwana Banjar

Ikan Arwana Banjar bisa dikategorikan sebagai Arwana merah kelas kedua. Tapi uniknya justru arwan ini merupakan strain murni dari arwana merah. Ini ditunjukan dari warna siripnya yang kuning atau oranye. Bahkan bisa dikatakan jenis Arwana ini sama sekali tidak memiliki warna merah pada tubuhnya.

Memiliki kepala bulat serta bentuk mulut yang mirip dengan Arwana Merah Muda, membuat sebagian besar orang awam sulit membedakannya. Walau begitu, jelas kedua arwana ini berbeda satu sama lainnya.

 

6. Ikan Arwana Irian – Arwana Jardini

Arwana Jardini

Arwana Irian didominasi oleh warna hitam pada sisiknya. Namun memiliki bintik keemasan pada bagian tengan sisik. bintik keemasan ini juga ditemukan pada bagian sirip, pipi serta pada bagian ekornya.

Walau namanya Arwana Irian, sejatinya ikan jenis ini berasal dari Australia. Mungkin karena populasinya lebih banyak ditemui di Irian yang membuat jenis ini dijuluki Arwana Irian. Arwana Irian dapat ditemui pada area sungai di kabupaten Merauke

 

7. Ikan Arwana Arapaima Gigas

Arapaima Gigas

Dilihat dari gambar ikan Arwana Arapaima Gigas bisa dikatakan sebagai ikan Arwana terbesar, bahkan ikan air tawar terbesar didunia. Tercatat ikan jenis ini mampu tumbuh sepanjang 3 meter saat dewasa, dengan bobot 200kg.

Hal unik dari Arwana Arapaima Gigas adalah cara bernafasnya yang mengambil udara langsung dari permukaan atau Obligate Air Breater. Pada saat ikan ini masih kecil, mereka akan kepermukaan setiap 5 menit untuk bernafas. sedangkan pada ikan dewasa, mereka akan kepermukaan setiap 20 menit.

Arapaima Gigas sudah masuk kedalam kategori hewan langka. Tercatat pada Desember 2001 hanya tersisa kurang dari 850 ekor saja. Hewan ini menjadi hewan yang dilindungi oleh undang-undang negara Guyana, serta dilindungi CITES dan IUCN.

 

8. Ikan Arwana Brazil

Arwana Brazil

Arwana Brazil atau juga Arwana Silver adalah salah satu jenis arwana yang paing sering dijumpai. Hal ini dikarenakan harga ikan arwana brazil ini bisa dikatakan terjangkau. Jenis Arwana ini memiliki tubuh yang cantik dengan dominasi warna silver, serta bentuk tubuh dan sirip yang memanjang.

Pada saat dewasa, Arwana Brazil dapat tumbuh hingga panjang 60 cm. Meskipun berasal dari Amerika selatan, namun tidak lah sulit menemukan ikan ini di Indonesia. Arwana Brazil sudah banyak dikembangkan di Indonesia.

 

9. Ikan Arwana Black Golden

Arwana Black Golden

Masih termasuk kedalam jenis Arwana golden, ikan ini biasanya ditemukan di daerah Johor, Trengganu, Perak dan Bukit Merah di negara Malaysia.

Warna hitam berpadu dengan emas yang eksotis, membuat harga ikan arwana golden black menjadi salah satu ikan arwana yang termahal di banding jenis lainnya.

 

10. Ikan Arwana Afrika

Arwana Afrika

Arwana Afrika berasal dari Afrika bagian timur seperti Senegal, Kamerun dan Gambia. ikan arwana ini memiliki bentuk badan seperti arwana silver. yang membendakannya adalh bentuk kepala arwana afrika cenderung lebih kecil dari arwana silver.

Terlepas dari mitos bahwa memelihara ikan arwana mampu mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya, kecantikan bentuk dan warna seperti pada gambar ikan arwana diatas juga menjadi pertimbangan para kolektor dalam memelihara ikan ini. Tak jarang harga ikan arwana bisa sangat fantastis tergantung jenis dan kualitasnya. Tentu saja untuk mendapatkan kualitas arwana yang baik juga harus diiringi pemberian makan arwana yang baik.

 

Incoming search terms:

  • gambar ikan arwana
  • cara menggambar ikan arwana

One thought on “Jenis – Jenis dan Gambar Ikan Arwana Terpopuler

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *