Ikan Komet Jantan dan Betina

Cara Mudah Membedakan Ikan Komet Jantan Dan Betina!

Cara Paling Mudah Membedakan Ikan Komet Jantan dan Betina

Ikan.infoPerbedaan ikan komet jantan dan betina– Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan salah jenis ikan yang satu ini bukan. Ya, namanya ikan komet yang merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang sudah sangat dikenal pada kalangan masyarakat, terkhususnya oleh para pecinta ikan hias di Indonesia.

Hal itu karena disebabkan ia memiliki bentuk tubuh yang sangat cantik, unik dan juga elegan. Selain itu, ikan komet juga sangat mudah untuk dipelihara dan juga harganya yang relatif sangat murah. Hanya sekitar Rp. 5.000 – 6.000 kamu sudah bisa membelinya.

Ikan Komet Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Komet Jantan dengan Betina

1. Tubuh Pada Ikan Komet Jantan dengan Betina Berbeda

Cara membedakan antara ikan komet jantan dengan betina yang pertama yaitu dari segi ukuran tubuh mereka. Pada umumnya ikan komet yang betina tubuhnya memiliki ukuran sedikit lebih besar dibandingkan dari yang jantan, sebab jantan akan lebih ramping dan tidak terlalu gemuk.

2. Bagian Pada Sirip Komet Jantan dan Betina

Perbedaan yang berikutnya adalah pada sisi siripnya.Dengan Ciri-ciri sirip komet yang jantan ialah terdapat benjolan yang menyerupai seperti bintik-bintik jerawat kecil, dan jika kamu raba akan terasa kasar.

Sedangkan pada komet betina ciri-ciri siripnya tidak ada benjolan bentuk bintik-bintiknya. Dan jika kamu raba akan terasa halus.

3. Ekor Komet Jantan vs Betina

Untuk bisa membedakan antara komet jantan dengan yang betina, kamu bisa melihat pada bagian ekornya. Karena bentuk ekor yang jantan akan lebih memanjang dan akan terlihat lebih menjuntai, sedangkan untuk yang betina ekornya sedikit lebih pendek dan tidak menjuntai.

4. Cairan Dari Lubang Kelamin

Salah satu cara yang paling mudah untuk membedakannya adalah dengan menekan pada bagian perut bawah yang dekat dengan daerah kelamin.

Nah jika kamu memijat perutnya maka pada daerah kelaminnya akan mengeluarkan cairan, dan jika cairan tersebut  keluar berwarna putih berarti ikan kometnya berjenis ikan jantan, namun sebaliknya jika yang keluar adalah orange/telur berarti jenis ikanya betina.

5. Benjolan Dubur Ikan Komet

Keempat dari perbedaan yang ada di atas sebenarnya sudah lebih dari cukup modal kamu dalam mengetahui mana ikan komet yang jantan dan mana yang betina. 1 perbedaan lagi yang paling mencolok dari ikan tersebut. Yaitu pada bagian bentuk duburnya .

Kalau bentuk duburnya lonjong berarti jantan, akan tetapi jika bulat berarti betina. Silahkan kamu praktikan dengan sendiri, dan cermati dengan seksama. maka kamu akan menemukan banyak perbedaan di antara ikan komet jantan dengan ikan komet yang betina. Warna dari ikan komet yang betina dengan yang jantan juga beda, yang jantan terlihat lebih terang tentunya.