budidaya ikan cere

Cara Budidaya Ikan Cere dan Penjelasan Lengkap!

Cara Budidaya Ikan Cere Atau Ikan Guppy

Ikan.infoBudidaya Ikan Cere – Ikan cere atau sering disebut dengan nama ikan gupi adalah salah satu dari jenis ikan yang belakangan ini sangat populer. Ikan cere adalah ikan yang memiliki ukuran tubuh  yang kecil.

Jika kamu masih asing dengan nama ikan cere atau ikan gupi ini, mungkin kamu akan lebih familiar dengan istilah nama ikan cetul atau cetol. Ya, ikan cere memang bukan jenis dari ikan yang dikenal dari keindahan bentuknya seperti ikan cupang.

Untuk kamu yang ingin memelihara ikan cere baik untuk pakan, untuk hiasan ataupun untuk kamu jual kembali, berikut ini adalah ulasan yang bisa kamu jadikan referensi.

budidaya ikan cere

Jenis Ikan Cere

Ikan Cere Laut

Jenis ikan cere laut ini merupakan ikan yang paling banyak digunakan untuk makanan ikan predator. Beberapa jenis ikan predator yang sangat gemar memangsa ikan yang ini antara lain seperti ikan louhan dan juga ikan piranha.

Untuk ikan arwana, mereka tidak suka dengan ikan cere laut, jadi akan lebih baik kamu berikan makanan yang lainnya.

Ikan Cere Sawah

Untuk jenis ikan cere sawah, merupakan ikan cere yang sangat banyak ditinggalkan di dalam saluran irigasi sawah. Meskipun memiliki tempat tinggal yang sangat berbeda. Akan tetapi warna tubuh dari tubuh ikan cere sawah baik ikan cere laut dan juga got cukup mirip.

Ikan Cere Got

Jenis ikan cere yang lain merupakan ikan cere got. Ikan cere got adalah jenis ikan cere yang paling banyak ditemukan.

ikan cere lokal

Ikan ini adalah ikan yang hidup di dalam parit. Akan tetapi ikan yang satu ini bukan ikan yang bisa hidup di dalam air yang kotor biasanya ikan cere got adalah ikan cere yang biasa hidup di dalam parit yang bersih.

Harga Ikan Cere

Selain dengan memeliharanya yang sangat mudah harganya juga murah. Untuk harga 100 ekor kamu bisa mendapatkan dengan harga sekitar Rp 5000 sampai Rp 6000 rupiah sangat murah bukan?

Cara Budidaya Ikan Cere Di Aquarium

Untuk kamu yang ingin membudidayakan ikan cere di dalam akuarium, kamu bisa memilih ikan jantan dan betina yang ingin kamu kawinkan terlebih dahulu.

Setelah itu kamu pisahkan yang jantan dan betina yang akan kamu kawin di dalam akuarium yang sudah bersih. Setiap kawin, 1 jantan akan lebih baik dipasangkan dengan 2 betina sehingga akan hasilnya ikan cere yang kamu dapatkan akan lebih banyak.

Untuk akuariumnya, pastikan kamu menggunakan akuarium yang ditutupi dengan kerikil pada di bagian dasarnya dan memiliki tempat untuk perlindungan para bayi cere yang baru lahir. Hal ini disebabkan induk ikan cere memiliki sifat kanibal pada saat ia sudah melahirkan.

Makanan Ikan Cere Atau Guppy

  • Larva
  • Jentik Nyamuk
  • Cacing Kecil

Ternak Ikan Cere

Untuk masalah beternak dari ikan cere kamu tidak memerlukan banyak usaha. kamu hanya perlu memberikan pakan secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari dan juga menjaga kebersihan dari lingkungan hidup ikan cere.

Selain itu jika kamu ingin ikan cere kamu memiliki kualitas yang unggul, perhatikan juga pada suhu air yang kamu gunakan untuk bisa memelihara ikan cere ini. Untuk suhu yang terbaik pada saat memelihara ikan cere ini yaitu sekitar 25.50C.

Artikel ini bisa dicari dengan kata kunci:
pelihara ikan cere untuk ipakan predator, ternak ikan cere