19 Jenis Ikan Mas Koki Yang Ada di Indonesia

Diposting pada

Ikan Mas Koki adalah ikan hias air tawar yang berasal dari negara China. Dalam sejarahnya, sekitar tahun 265-420M ikan ini justru menjadi komoditas pangan pada masa itu. Seiring waktu, ikan ini semakin populer dan pandangan masyarakat pun mulai berubah terhadap ikan Mas Koki. Pada masa Dinasti Tang (618-907 M) ikan ini mulai dipelihara sebagai ikan hias dalam kolam-kolam masyarakat saat itu. Memasuki era modern, ikan Mas Koki mulai dikembangbiakan dengan melakukan kawin silang antar jenis, sehingga jenis ikan Mas Koki menjadi semakin beragam.

Saat ini ikan Mas Koki sudah begitu populer di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan hias yang satu ini, ikan ini biasanya dipelihara berkelompok dalam akuarium. Walaupun ikan Mas Koki tercatat memiliki lebih dari 200 jenis, namun pada kesempatan kali ini akan dibahas 20 jenis saja. Setidaknya kita akan mengetahui jenis-jenis ikan Mas Koki yang umum ditemui di Indonesia.

Jenis Jenis Ikan Mas Koki di Indonesia

  • 1. Mas Koki Lionhead

Mas Koki Lionhead
Mas Koki Lionhead

Ini adalah jenis ikan Mas Koki yang paling terkenal di Jepang. Lionhead mendapat namanya karena ciri khas benjolan di kepala yang merata seperti surai pada singa. Bentuk badan Mas Koki Lionhead bulat seperti bola dengan sirip-sirip yang kecil. Salah satu keunikannya terdapat pada bagian ekor belakang. Jika diperhatikan dengan seksama, bagian ekor Lionhead terlihat melengkung dan condong kebawah. Ekornya berukuran kecil namun memiliki sirip yang mekar.

  • 2. Mas Koki Oranda

Mas Koki Oranda
Mas Koki Oranda

Oranda adalah salah satu jenis ikan Mas Koki yang terkenal diberbagai negara. Bentuk tubuh dan kepalanya hampir mirip dengan Mas Koki Lionhead, hanya saja Mas Koki oranda memiliki sirip punggung sedangkan Mas Koki LionHead tidak memilikinya. Perbedaan lainnya adalah dari bentuk badan Oranda yang cenderung memanjang, berbeda dengan Lionhead yang cenderung bulat dan besar. Beberapa menyebut bahwa Oranda merupakan keturunan dari Lionhead, namun sebagian membantah dan mengatakan bahwa Oranda adalah hasil persilangan dari Fantail.

  • 3. Mas Koki Ranchu

Mas Koki Ranchu
Mas Koki Ranchu

Ranchu memiliki ciri yang unik pada tubuhnya, yaitu ikan ini tidak memiliki dorsal atau sirip atas. Meskipun Ranchu merupakan jenis dari persilangan Lionhead, namun bentuk tubuhnya tidak sekasar Lionhead. Ikan ini mendapat julukan Goldenfish King karena memiliki variasi warna yang sangat beragam. Ranchu secara umum memiliki warna merah, oranye, putih, biru dan hitam. Namun salah satu jenis warna yang banyak diincar para kolektor adalah warna kuning pucat dengan kepala merah. Warna ini tergolong langka dan cukup sulit didapat.

  • 4. Mas Koki Ryukin

Mas Koki Ryukin
Mas Koki Ryukin

Mas Koki ini berasal dari Jepang, memiliki ciri sirip yang sangat besar bahkan melebihi ukuruan tubuhnya. Bentuk punggungnya agak bungkuk yang jika dilihat seperti punuk unta, dengan mulut yang menonjol kedepan. Ryukin juga memiliki beragam variasi warna cerah seperti merah marun, merah putih, dan abu-abu metalik. Mas Koki jenis ini mampu tumbuh dengan panjang 20 cm jika mendapat perawatan yang baik.

  • 5. Mas Koki Mata Balon

Mas Koki Mata Balon
Mas Koki Mata Balon

Pertama kali ditemukan di negara China, Mas Koki Mata Balon terbilang ikan yang sangat unik. Ikan ini memiliki gelembung besar pada bagian matanya, oleh karena itu ikan ini dinamakan Bubble Eye. Gelembung ini berisi cairan dan mudah pecah jika tidak dirawat dengan hati-hati. Namun gelembung tersebut dapat kembali membesar jika dilakukan perawatan yang tepat.

  • 6. Mas Koki Komet

Mas Koki Komet
Mas Koki Komet

Anda pasti sering mendengar nama ikan Komet, ternyata ikan ini masih termasuk kedalam jenis ikan Mas koki. Ikan Komet merupakan ikan hias yang populer di Amerika Serikat dan juga Indonesia. Ikan ini memiliki bentuk yang jauh berbeda dibanding ikan Mas Koki pada umumnya. Jika kita membayangkan ikan Mas Koki berbentuk bulat dengan sirip-sirip yang mekar, maka anda tidak akan menemukannya pada ikan Komet. Ikan ini memiliki bentuk badan yang ramping dan memiliki ekor tunggal (single tail) yang panjang.

  • 7. Mas Koki Black Moor

Mas Koki Black Moor
Mas Koki Black Moor

Dinamakan Black Moor karena ikan ini memiliki warna dominan hitam dengan sedikit aksen keemasan pada tubuhnya. Black Moor merupakan jenis yang cukup banyak dipeliharan dan mudah ditemukan dipasaran. Ciri khususnya selain warna hitam adalah mata yang besar dan melotot namun tetap indah dipandang. Beberapa orang mempercayai bahwa ikan ini dapat membuang kesialan bagi pemiliknya, namun tentu saja itu tidak sepenuhnya benar.

  • 8. Mas Koki Jikin

Mas Koki Ekor Kupu-Kupu
Mas Koki Ekor Kupu-Kupu

Beberapa menyebut ikan ini dengan nama Mas Koki Ekor Kupu Kupu atau Butterfly Tail. Dengan melihat ikan ini, anda pasti sudah mengetahui darimana asal nama tersebut. Mas Koki Jikin termasuk salah satu endemik langka yang berasal dari Jepang. Keindahan ikan ini juga terletak pada warnanya, memiliki warna merah dan putih dengan sebaran yang teratur pada insang, bibir dan sirip atasnya.

  • 9. Mas Koki Choten Gan

Mas Koki Choten Gan
Mas Koki Choten Gan

Choten Gan memiliki bentuk yang cukup “aneh”, karena memiliki mata yang menengadah keatas dengan kantung mata yang besar. Ikan ini berasal dari negara Korea dan China, seperti pada Mas koki Ranchu, Choten Gan juga tidak memiliki dorsal atau sirip punggung. Bentuk tubuhnya agak memanjang, tidak sebulan Mas Koki Bubble Eye.

  • 10. Mas Koki Calico

Mas Koki Calico
Mas Koki Calico

Calico memiliki bercak-bercak hitam yang menjadi ciri khasnya. Bercak hitam ini terdapat pada sirip dan juga tubuhnya yang berwarna metalik. Bercak hitam ini terlihat indah ketika tumpang tindih dengan warna merah dan putih yang menjadi warna dasar tubuh ikan ini. Ikan Mas Koki Calico mampu tumbuh dengan panjang 28 cm (badan dan ekor).

  • 11. Mas Koki Sisik Mutiara

Mas Koki Mutiara
Mas Koki Mutiara

Ikan ini berasal dari Jepang dengan nama asal Chinsurin, memiliki badan yang sangat bulat seperti bola pingpong. Chinsurin memang terlihat sangat unik, memiliki sisik timbul seperti kulit nanas dengan warna putih cerah. Sekilas bintik-bintik putih ini terlihat seperti mutiara yang tersusun rapi pada tubuhnya, inilah dasar penamaan ikan Mas Koki ini. Bentuk badan yang gemuk dan bulat dengan sirip-sirip kecil yang mempertegas warna putih mutiara pada tubuhnya.

  • 12. Mas Koki Fantail

Mas Koki Fantail
Mas Koki Fantail

Struktur tubuh maupun bentuk tubuh dari Fantail sangat mirip dengan Mas Koki Ryukin. Yang membedakannya adalah bentuk tubuh Fantail terlihat lebih bulat dengan ekor yang lebih panjang dan mekar. Fantail memiliki 2 pasang sirip bawah dengan dorsal yang berdiri tegak. Jenis ini termasuk jenis kegemaran masyarakat Jepang.

  • 13. Mas Koki Hanafusa

Mas Koki Hanafusa
Mas Koki Hanafusa

Hanafusa memiliki bentuk dan struktur tubuh menyerupai Lionhead. Hanafusa juga memiliki daging tumbuh pada kepalanya, namun tidak seperti Lionhead. dagin tumbuh pada Hanafusa hanya berada pada bagian atas bibir dan bawah rahangnya saja. Tubuhnya juga tidak segemuk Lionhead dengan bentuk badan melengkung dan memiliki ekor yang lebih besar.

  • 14. Mas Koki Teleskop

Mas Koki Teleskop
Mas Koki Teleskop

Memiliki mata yang melotot keluar seolah menyerupai teleskop menjadi keunikan jenis ini. Mas Koki Teleskop memiliki beragam variasi warna dengan dominan cerah. Pada saat masih anakan, mata ikan ini belum terlihat menonjol, baru pada umur 3 bulan perlahan keunikan matanya akan terlihat. Meski memiliki nama teleskop dengan mata yang menonjol, namun nyatanya ikan ini memiliki penglihatan yang buruk.

  • 15. Mas Koki Panda Moor

Mas Koki Panda Moor
Mas Koki Panda Moor

Jika pada Black Moor memiliki warna dominan hitam, jenis Panda Moor memiliki warna hitam dan putih. Warna hitam terdapat pada mata dan juga sebagian tubuhnya, sekilas pola warna tersebut menyerupai pola warna pada panda. Tidak ada perbedaan yang mencolok antara Black Moor dan Panda Moor, mulai dari struktur dan bentuk tubuh mirip dengan Black Moor. Hanya warna saja yang membedakannya.

  • 16. Mas Koki Veiltail

Mas Koki Veiltail
Mas Koki Veiltail

Sama seperti Mas Koki Fantail, jenis Veiltail juga memiilki sirip sebanyak 6 buah. Dua buah diantaranya sirip dada, dua sirip anus, sebuah sirip ekor, dan sebuah lagi sirip punggung. Ukuran sirip ini umumnya rata-rata panjang. Bentuk tubuhnya bulat dan gemuk. Gerakannya sangat lamban. Bila ia mulai bergerak tubuhnya gemetar seakan tidak mampu mengapungkan badannya yang bulat dan gemuk itu. Karena siripnya panjang dan lemah gemulai, maka setiap kali berenang sirip-sirip ini ikut bergerak sehingga meyunguhkan pemandangan menarik seperti layaknya gerakan seorang penari balet.

  • 17. Mas Koki Shubunkin

Mas Koki Shubunkin
Mas Koki Shubunkin

Bnetuk tubuh Shubunkin sangat mirip dengan ikan Komet, hanya saja Shubunkin memiliki warna yang lebih bervariasi. Namun secara umum Shubunkin memiliki warna hitam, ungu dan merah pada tubuhnya. Warna-warna tersebut menyebar keseluruh bagian tubuh hingga ke siripnya. Ada 2 jenis ikan Shubunkin yaitu Shubunkin Bristol dan Shubunkin London.

  • 18. Mas Koki Sakura

Mas Koki Sakura
Mas Koki Sakura

Mas Koki Sakura memiliki perpaduan warna yang terkesan mewah. Memiliki warna utama merah dan putih dengan lapisan metalik transparan, membuat ikan ini kian cantik. Namun jika diperhatikan, jenis Sakura ini tidak berbeda dengan jenis Calico. Hanya saja Mas Koki Sakura tidak memiliki bintik-bintik hitam yang ada pada Calico.

  • 19. Mas Koki Wakin

Mas Koki Wakin

Jenis ini bisa dibilang memiliki bentuk dan struktur tubuh yang masih original menyerupai nenek moyang mereka. Memiliki ekor tunggal dengan bentuk tubuh sangat berbeda dengan ikan Mas Koki yang sering kita jumpai. Wakin memiliki warna utama merah putih, oranye putih, merah, atau putih saja. Beberapa menamakan ikan ini dengan sebutan Common Goldfish atau ikan Mas Koki Biasa.

Meski masih terdapat ratusan jenis Mas Koki lainnya, namun beberapa jenis diatas adalah yang paling umum dijumpai. Bagi para pencinta ikan hias, ikan mas koki bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengisi akuarium di rumah. Tertarik untuk memelihara ikan mas koki?

Incoming search terms:

  • ikan hias di indonesia