Burayak Cupang Umur 2 Minggu
Burayak Cupang Umur 2 Minggu

Pemberian Pakan Yang Tepat Untuk Burayak Cupang Umur 0-2 minggu

Bagi para breeder cupang pemula, sering sekali muncul pertanyaan seperti mengapa burayak banyak yang mati, penyebab indukan memakan anak dan telurnya sendiri, serta pakan yang tepat untuk burayak. 2 minggu awal merupakan masa-masa kritis bagi para pengembang biak cupang, baik itu cupang hias, cupang alam maupun cupang aduan. Diantara banyaknya masalah tersebut, salah satu yang paling dominan adalah pemilihan pakan untuk burayak berumur dibawah 2 minggu.

Pemilihan Pakan Untuk Burayak 0-2 minggu

Pemilihan pakan ini juga menjadi faktor penentu dalam melewati fase kritis 2 minggu awal bagi burayak. Banyak pemula yang masih bingung dalam pemberian pakan bagi burayak dalam usia rentan tersebut. Ada beberapa pakan yang dapat diberikan untuk burayak berumur 0-2 minggu, baik itu pakan hidup maupun pakan bubuk.

Pakan Hidup Untuk burayak

Salah satu pilihan untuk pakan burayak adalah pakan hidup, berikut adalah beberpa apakan hidup untuk pakan burayak cupang.

Kutu Air

Pakan Burayak - Kutu Air
Pakan Burayak – Kutu Air

Pilihlah kutu air sehat yang ditandai dengan warna kemerahan cerah dan bergerak lincah. Kutu air adalah pakan yang sangat baik untuk burayak dan untuk mendapatkan kutu air yang halus bisa diperoleh dengan cara menyaringnya. Kutu air juga mampu bertahan hidup dalam media selama 24 jam, selain itu gerakannya yang lincah dapat melatik burayak bergerak ketika mengejarnya.

Baca juga: Cara Budidaya Kutu Air

Artemia

Pakan Burayak - Artemia

Bentuknya seperti udang kecil dan halus lebih kecil dari pada kutu air, memiliki berwarna orange kemerahan. Artemia hidup berkumpul dan bergerak memutar mutar, sehingga memancing burayak untuk mengejar dan memakan artemia tersebut. Artemia bisa hidup di air tawar berkisar 2 jam sebelum mati. Sebagai catatan, beri secukupnya saja untuk menghindari media menjadi kotor dan bau oleh sisa – sisa artemia yang telah mati dan menumpuk.

Micro worm

Pakan Burayak - Micro Worm

Biasa disebut cacing renik berbentuk seperto cacing halus yang bergerak pada dasar air. Walaupun micro worm adalah pakai yang baik untuk burayak, namun karena pakan ini hanya berada didasar menjadikan micro worm tidak begitu efektif untuk burayak. Hanya sebagian burayak yang berada didasar saja yang mungkin bisa menikmatinya. Namun mengingat ukurannya yang kecil, menjadikan pakan ini cukup pas digunakan pada burayak dibawah usia 2 minggu.

Infusoria

Pakan Burayak - Infusoria

Yaitu infusi dari sayuran berbentuk seperti lapisan awan mengapung di bagian permukaan air, bisa digunakan untuk burayak dengan cara mengambil beberapa sendok dan diberikan ke wadah tempat media burayak.

Anda bisa melihat rekomendasi harga pakan burayak disini

Pakan Burayak Berbentuk Bubuk

  1. Bisa menggunakan tepung pelet burayak yang diberikan secara sedikit-sedikit, tepung tersebut akan mengambang di permukaan air dan bisa dimakan oleh burayak. Catatan tepung ini berbentuk bubuk, jika terlalu banyak digunakan dan tidak habis akan menjadi sumber ketidak seimbangan ekosistem air. Sebaiknya diberikan sedikit demi sedikit agar tidak bersisa dan menimbulkan pembusukan.
  2. Kuning telur yang sudah direbus diperas airnya dimasukan ke botol spray bisa digunakan untuk burayak.

Pemberian pakan pada burayak dapat dilakukan 2 kali dalam sehari. Berilah pakan secukupnya saja, guna menjaga air tidak berubah menjadi keruh. Perlu diketahui bahwa air yang keruh dapat memicu timbulnya berbagai penyakit pada ikan cupang dan membuatnya mati. Selain itu, menjaga air tetap jernih penting untuk dilakukan karna tidak perlu diganti atau dikuras. Pengurasan air pada burayak dapat meningkatkan resiko kematian pada burayak tersebut.

Artikel ini bisa dicari dengan kata kunci:
Makanan burayak Ikan Cupang umur 1 hari, Pakan burayak Ikan Cupang umur 7 hari, Pakan burayak ikan Cupang umur 4 hari selain artemia, Burayak cupang diberi pelet bubuk, pakan burayak cupang usia 4 hari, apakah polared bisa untuk burayak cupang 1 minggu, makanan burayak cupang umur 4 hari, Polar Red untuk burayak Cupang Umur berapa, ukuram burayak cupang 2 minggu, makanan terbaik untuk burayak cupang, burayak ikan cupang, pakan burayak cupang umur 4 hari, makanan burayak umur 4 hari, burayak umur 2 minggu, makanan ikan cupang baru menetas