Tips Memilih Indukan Cupang Betina

Diposting pada

Pada artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana cara mencari indukan cupang jantan yang bagus. Nah pada artikel kali ini, akan coba sedikit dibahas tentang cara mencari indukan betina yang bagus juga. Pemilihan indukan cupang betina yang baik akan mampu mendongkrak hasil anakan secara maksimal.

Cara Memilih Indukan Cupang Betina

Sama seperti pada indukan jantan, pemilihan indukan betina pun wajib memiliki umur yang cukup. Umur indukan cupang betina yang baik adalah minimal 6 bulan, atau idealnya diatas 7 bulan. Ini untuk memastikan telur-telur yang dihasilkan nanti menjadi burayak yang kuat, tidak gampang mati. Maka dari itu usia adalah faktor paling utama dalam pemilihan indukan cupang betina.

Pastikan Indukan Cupang Betina Sudah Cukup Umur

Indukan betina yang memiliki usia masih dibawah 5 bulan sangatlah rentan. Walaupun nantinya indukan tetap akan menghasilkan telur, namun biasanya burayak yang dihasilkan dari indukan muda tidak cukup kuat untuk bertahan. Itulah yang terkadang menjadi permasalahan bagi para breeder cupang pemula, mereka terkadang sering mendapati burayak mati secara tiba-tiba. Penyebab utamanya adalah karena indukan yang masih terlalu muda.

Dari segi ukuran, terkadang cupang betina dapat sedikit mengecoh. Beberapa badan cupang betina akan terlihat besar, padahal usianya masih sangat muda. Untuk itu jika anda membeli indukan, jangan ragu untuk bertanya berapa usia indukan betina tersebut. Jangan hanya melihat ukuran badan yang sudah besar, anda langsung mengawinkannya dengan indukan cupang jantan.

Lalu bagaimana jika kita hanya memiliki atau sudah membeli indukan yang masih mudah dibawah 5 bulan?. Saran terbaik adalah bersabar dan tunggu sampai ikan cupang tersebut berusia minimal 6 bulan. Alternaatif lain tentu saja anda langsung membeli indukan yang sudah cukup umur, tentu saja dengan harga yang lebih mahal.

Calon Indukan Dalam Kondisi Sehat

Setelah mendapati betina yang sudah cukup umur untuk dijadikan indukan, selanjutnya adalah memastika calon indukan betina dalam kondisi sehat. Untuk melihat ciri-ciri kondisi calon indukan adalah dengan melihat pergerakan ikan tersebut. Cupang yang sehat akan memiliki insang yang aktif bergerak, selain itu dia akan lebih sering berenang di tengah. Nah jika kondisi ini terpenuhi, berarti cupang dalam keadan sehat dan bisa dijadikan calon indukan.

Sama seperti pemilihan calon indukan jantan, faktor kecerahan warna juga perlu diperhatikan. Calon Indukan haruslah memiliki warna yang cerah. Meski umumnya warna pada betina tidak secerah jantan, tapi pastikan calon betina tidak memiliki warna yang pudar atau pucat.

Indukan Cupang Betina Yang Siap Kawin

Tips ini jika anda memutuskan untuk memilih indukan yang sudah siap kawin. Selain usia yang cukup dan kondisi sehat, anda juga dapat melihat dari ukuran perutnya. Betina siap kawin umumnya memiliki perut yang besar karena sudah terisi dengan telur. Untuk memastikan perut betina tersebut besar karena terisi telur, anda dapat melihat semacam titik putih pada bagian bawah perut. Titik putih ini adalah tempat betina akan mengeluarkan telur-telur nya.

ciri-ciri indukan cupang betina

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah saat melihat betina gendut, bisa jadi karena dia baru saja habis makan. Untuk itu cara terbaik dalam menentukan si betina ini gendut karena makan atau karena berisi telur adalah dengan mempuasakan selama sehari. Jika setelah puasa perutnya tetap gendut, dipastikan betina tersebut sudah memiliki telur didalam perutnya.

Calon Indukan Cupang Berkualitas Super

Sebenarnya dari ketiga tips sebelumnya sudah lebih dari cukup untuk memastikan indukan betina berkualitas baik. Namun jika anda ingin memiliki indukan yang benar-benar berkualitas, anda dapat mengikuti tips berikut :

Memiliki Ekor Lebar

Beberapa cupang betina juga ada yang memiliki ekor yang lebar, walaupun tidak selebar ekor cupang jantan. Nah jika ingin memastikan anakan cupang nantinya memiliki ekor yang lebar, maka pilihlah indukan jantan dan betina yang juga memiliki ekor yang lebar.

Memiliki Warna Yang Indah

Selain ekor yang lebar, anda juga dapat mencari betina yang memiliki warna yang cantik. Namun tentu saja indukan yang memiliki kriteria seperti ini juga memiliki harga yang cukup mahal tentunya. Namun jika memang anda memiliki budget berlebih dan ingin memastikan anakan cupang nantinya juga memiliki kualitas yang super, tidak ada salahnya memenuhi semua kriteria diatas.

Dari semua ciri-ciri calon indukan cupang betina tersebut, hal yang sangat teramat penting adalah usianya. Pastikan calon indukan berusia paling minimal adalah 6 bulan, tapi akan lebih bagus jika diatas 6 bulan. Usia ini sangat mutlak harus dipenuhi, untuk masalah form yang kurang bagus, warna yang kurang cantik, ini semua dapat ditutupi oleh indukan jantan.

Referensi : Rumah Cupang

Incoming search terms:

  • cara memilih ikan cupang betina
  • cupang
  • ciri ciri ikan cupang betina siap kawin
  • cupang betina
  • Indukan cupang yang bagus
  • Cupang betina siap kawin
  • cara memilih betina cupang yg bagus
  • cupang betina yg bagus
  • cara liat indukan cupang yg baik
  • ciri cupang betina