Cara memelihara ikan guppy biasa

Cara Pemeliharaan Ikan Guppy

Saat ini memelihara ikan bukan hanya sebagai hobi semata namun banyak orang yang memutuskan memelihara ikan guppy sebagai jenis bisnis untuk mendatangkan keuntungan maksimal. Ada banyak jenis – jenis ikan guppy yang bisa anda pilih dan sesuaikan dengan apa yang inginkan.

Ada puluhan jenis ikan guppy yang saat ini ada di Indonesia, Jenis tersebut dibedakan menurut spesies, warna, bentuk ekor dsb.

Merawat Ikan Guppy

Poecilia reticulata merupakan nama ilmiah ikan guppy. Cara memelihara ikan guppy merupakan hal yang tidak sulit namun juga tidak mudah. Anda perlu tahu jenis ikan guppy biasa untuk mencari tahu bagaimana cara memeliharanya.

Tentukan Lahan Budidaya

Tahapan pertama yang harus anda penuhi ketika memutuskan untuk melakukan budidaya ikan yakni membuat wadah budidaya. Bagi para pemula wadah budidaya memiliki empat fungsi yakni sebagai tempat yang digunakan untuk memisahkan indukan, tempat pemijahan, tempat menetaskan benih serta tempat pendederan.

Untuk lahan yang digunakan sebagai tempat budidaya memiliki ukuran luas serta ukuran yang beragam. Hal ini nantinya juga berdasarkan kebutuhan yang ingin anda penuhi. Biasanya tinggi wadah budidaya yang disarankan memiliki ukuran minimal 30 cm saja.

Pilih Indukan

Tahap selanjutnya yang harus anda ketahui yakni mulai menyiapkan indukan ikan guppy. Saat ini ada banyak jenis ikan guppy biasa yang bisa anda gunakan sebagai indukan. Ikan guppy cobra merupakan jenis ikan yang memiliki sirip seperti kulit ikan dan ikan ini memiliki dominasi warna merah pada sisi sirip serta bagian ekor.

Untuk membedakan ikan guppy jantan dan betina, pada ikan guppy jantan nantinya memiliki kombinasi warna misalnya putih, hitam serta kuning. Karena ikan ini cukup mudah diidentifikasi memudahkan orang untuk membedakan ikan ini dengan jenis ikan yang lainnya.

Jenis ikan guppy biasa lain yakni ikan guppy metalik. Ikan ini dianggap keren karena memiliki warna yang menarik bagi para penggemarnya. Biasanya ikan jantan memiliki warna biru terkadang juga warna abu – abu gelap metalik. Selain itu ada juga jenis ikan hasil perkawinan antara ikan guppy cobra dan ikan guppy metalik.>

Ada juga guppy snakeskin merupakan jenis ikan guppy yang memiliki pola kulit dengan bentuk vertikal yang menyebar ke bagian tubuh mereka. Biasanya pola pada ikan guppy ini memiliki pola seperti pada pola harimau serta memiliki warna yang beraneka ragam.

Proses Pemisahan Indukan

Setelah anda mendapatkan indukan yang tepat, anda bisa melakukan pemisahan indukan. Ketika anda ingin memijahkan ikan anda bisa memisahkan indukan terlebih dahulu pada wadah yang terpisah, dan pastikan wadah yang anda gunakan merupakan wadah yang bersih. Selau ganti airnya sebanyak tiga kali sehari. Untuk proses pemijahan bisa dilakukan kurang lebih 24 jam dengan ke dalam air 25 cm. pastikan ada tanaman air di dalam akuarium misalnya Hydrilla.