Jenis Gurame Yang Populer Dibudidayakan Di Indonesia

Prospek budidaya gurame memang cukup menjanjikan, permintaan yang tinggi ditambah harga yang cenderung stabil membuat bisnis budidaya beragam jenis gurame cukup menguntungkan. Walau proses pembudidayaan Gurame tidak singkat, namun usaha ini layak menjadi salah satu pilihan anda dalam menambah penghasilan.

Proses budidaya gurame tidak selalu dilakukan pada kolam tanah yang luas, faktanya saat ini banyak pembudidaya gurame hanya bermodalkan kolam terpal. Tentu saja ukuran kolam yang digunakan juga bervariasi, bergantung pada berapa luas lahan dan jumlah bibit gurame yang anda miliki.

Jenis Gurame Yang Banyak Dibudidyakan Di Indonesia

Berbicara tentang bisnis budidaya gurame, tentu anda juga harus mengenal jenis – jenis gurame yang cukup laku dipasaran. Ada beberapa jenis gurame yang cukup populer dibudidayakan saat ini. Jenis gurame tersebut adalah :

1. Gurame Soang

Gurame soang dikenal masyarakat sebagai gurami jawa barat. Nama ini melekat karena pada mulanya gurame soang ini banyak ditemukan di provinsi Jawa Barat, khususnya di sekitaran Ciamis. Gurame soang termasuk salah satu jenis gurame yang sangat populer dibudidayakan di Indonesia. Jenis ini memeiliki kelebihan pada usia panen yang lebih singkat dibanding jenis lainnya. Umumnya Gurame soang dapat dipanen pada sat berusia 9 bulan saja, berbeda dengan gurame pada umumnya yang baru bisa di panes saat berumur 1 tahun.

Gurame Soang

Ciri-Ciri Gurame Soang

  • Memiliki dahi yang menonjol baik pada jantan maupun betinanya.
  • Gurame soang jantan memiliki tubuh ramping dan memanjang dibanding betinanya.
  • Warna tubuh putih keperakan dengan kombinasi hitam.
  • Sisik berbentuk stenoid/tidak membulat utuh dengan ukuran cukup besar.
  • Pada gurame muda terdapat 8-10 garis vertikal pada tubuhnya, dan hilang saat dewasa.
  • Terdapat titik hitam bulat pada pangkal ekor.
  • Sirip perut memiliki benang yang cukup panjang sebagai alat peraba.
  Cara Membuat Kolam Terpal Alas Sekam Budidaya Gurami

Gurame soang memiliki tubuh memanjang dengan bedang bentuk pipih, panjang tubuhnya bisa mencapai ukuran 65 cm dengan berat 8 kg. Gurame jantan memiliki dahi yang lebih menonjol dibandingkan betinanya. Semakin dewasa, tonjolan pada dahi akan semakin mencolok seperti kepala angsa (soang). Ciri inilah yang menjadikan jenis ini disebut Gurame Soang.

Kelebihan Budidaya Gurame Soang

Salah satu keunggulan gurame soang adalah pertumbuhan bobotnya yang cukup cepat. Gurame jenis ini terkenal rakus dan memiliki pergerakan yang lincah saat diberi pakan. Untuk mencapai bobot panen 500 gram hanya butuh waktu sekitar 9 bulan. Tentu saja kelebihan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pembudidaya ikan gurame. Semakin singkat waktu panen berarti semakin cepat pula keuntungan yang bisa didapat.

Produktivitas Gurame Soang jauh lebih tinggi di banding Gurame jenis lain, Gurame Soang sudah dapat dijadikan indukan dan bertelur pada usia 3 tahun, serta jumlah rata-rata telur yang dihasilkan betina pun lebih banyak antara 5.000-7000 telur.

2. Gurame Jepang

Gurame Jepang atau Jepun juga dikenal dengan sebutan gurami jawa tengah. Meski tak sebesar gurame soang, namun jenis ini juga cukup menguntungkan untuk dibudiayakan. Gurame Jepun mampu tumbuh hinga panjang 45 cm dengan bobot 4 kg per ekornya. Gurame ini juga dikenal memiliki warna hitam yang cukup pekat.

gurame jepang

Ciri – Ciri Gurame Jepang/Jepun

  • Memiliki ukuran tubuh relatif lebih kecil.
  • Panjang maksimal 45 cm dengan berat 3-4 kg.
  • Tubuh memiliki warna lebih hitam.
  • Memiliki bentuk sisik yang kecil
  Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Kolam 1000 ekor Gurame Yang Baik?

Produktivitas ikan gurame jepun betina juga cukup lumayan. Dalam satu kali masa bertelur, produksi telur dari jenis gurame ini berkisar antara 2000-3000 butir per periode bertelurnya.

3. Gurame Porselen

Ikan Gurame Porselen merupan jenis gurame dengan warna merah yang cukup cerah dan kepala berukuran kecil. Meski begitu ini adalah jenis gurame yang paling diminati untuk pembibitan. Ikan ini sangat menyenangi perairan yang tenang serta jernih. Dapat tumbuh dengan baik, saat kondisi air yang bersuhu antara 24°C-28°C, dengan pH air antara 6,5 sampai 7,8.

gurame porselen

Keunggulan Gurame Porselen

Gurame ini sangat cocok untuk dijadikan indukan. Gurame porselen mampu menghasilkan telur dengan jumlah yang lebih banyak dibanding jenis lainnya. Jika rata-rata satu ekor indukan gurame hanya mampu menghasilkan 2000-4000 telur, Gurame Porselen mampu menghasilkan 10.000 telur dalam satu kali proses bertelur. Tentu saja ini peluang yang cukup menguntungkan untuk bisnis pembibitan gurame.

Artikel ini bisa dicari dengan kata kunci:
Jenis2 ikan gu, Gambar ikan Gurame yang bagus, jenis gurame konsumsi, jenis gurami, jenis jenis gurame, Jenis jenis ikan gu