ikan tiger barb

Ikan Tiger Barb : Habitat, Makanan Dan Cara Merawatnya

Cara Merawat Ikan Tiger Barb, Habitat Aslinya dan Makanannya

Ikan.infoIkan Tiger Barb – Tiger barb atau sering juga disebut ikan sebagai ikan sumatra ini adalah ikan hias air tawar yang cukup populer di Indonesia.

Ikan sumatra juga mempunyai nama latin Puntius Tetrazona yang termasuk ke dalam golongan ikan dari keluarga Cyprinidae. Ikan sumatra mudah sangat mudah sekali untuk kamu temukan di pedagang ikan hias sekitar tempat kamu tinggal.

Ikan sumatra ini juga biasa kamu gunakan sebagai ikan aquascape ataupun ikan tankmate. Ikan sumatra juga sangat ahli dalam membantu memakan kutu jangkar ataupun kutu yang lainnya di ikan hias kalian.

ikan tiger barb
Tiger Barbs (Barbus tetrazoa) fighting to maintain individual distance

Habitat Asli Ikan Sumatra

Tidak hanya berasal dari Sumatra saja ikan tiger barb ini juga tersebar ke berbagai perairan di Kalimantan dan juga terdapat di perairan Thailand.

Karakteristik Ikan Sumatra

Ikan Sumatra ini sebenrnya bukanlah merupakan  ikan yang galak hanya saja ikan tersebut memang sangat jail dan sangat sering menganngu ikan ikan hias yang lainnya.

Terkadang juga jika ikan hias yang lainnya terdapat kutu di badannya maka ikan sumatra akan mengejarnya dan akan mengigit-gigit badan ikan tersebut sampai kutunya hilang.

Ikan Sumatra ini hanya bisa tumbuh besar sampai ukuran 10 cm saja maksimalnya. Ikan ini juga bisa hidup sampai umur 4 tahun.

Makanan Ikan Sumatra

Dalam hal pakan dari ikan sumatra sangat gampang sekali untuk kamu temukan karena ikan ini hampir bisa memakan apa saja yang menuruntya bisa dimakan. Makanan terbaiknya adalah cacing beku atau bisa juga kita sebut pelet yang berukuran kecil-kecil.

Cara Budidaya Ikan Sumatra

Peluang unutk budidaya ikan sumatra ini juga cukup menjanjikan karena omsetnya yang sangat tinggi sesuai dengan permintaan pasar.

Maka dari itu tidak ada salahnya buat kamu yang bingung ingin melakukan budidaya ikan hias air tawar jenis apa, kamu bisa mencoba jenis ikan sumatra yang satu ini.

Pertama-tama untuk melakukan budidaya ikan kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara membedakan mana ikan yang jantan dan mana ikan yang betina.

Cara membedakan mana yang jantan dan mana yang betina ikan sumatra adalah bisa kamu lihat pada bagian ukuran badannya, Ikan sumatra betina mempunyai ukuran badan yang lebih besar dari pada ikan sumatra jantan sedangkan ikan jantan mempunyai warna yang lebih jelas daripada ikan yang betina.

supaya kamu bisa membedakan dengan cara ini usia dari ikan sumatra harus diatas 6 bulan. Setelah kamu sudah mengetahui bagaimana cara membedakannya baru kamu bisa melakukan tahapan pemijahan dari ikan sumatra ini.

Langkah-langkah dalam melakukan pemijahannya adalah sebagai berikut ini :

  1. Siapkan sebuah wadah bisa aquarium ataupun kolam yang minimal memiliki volume 15-30 liter air untuk 1 pasangan ikan sumatra.
    Pilihlah ikan tersebut sepasang, Untuk pejantan pilih yang memiliki warna yang cerah dan juga aktif berenangnya sedangkan utnuk yang betina pilihlah yang memiliki ukuran badan yang lebih besar.
  2. Tambahkanlah dedaun-daunan atau media untuk menempelkan telur dari ikan.
  3. Atur suhu air pada kisaran suhu 25 dan 27 celcius, jaga tetap pada angka tersebut ya.
  4. Setelah wadah ikan sudah siap barulah ikan kamu masukan pada waktu malam hari supaya dapat hasil yang maksimal.
  5. Setelah terdapat telur di daun-daunan atau media bertelur, kamu angkat indukannya supaya telur-telur yang ada tidak dimakan oleh induknya.
  6. Biasanya setelah 3 sampai dengan 5 hari telur ikan akan menetas dan akan menjadi burayak ikan sumatra.
  7. Pada usianya mencapai 1 minggu lebih kamu sudah bisa memberikan makan burayak ikan sumatra dengan kuning telur ataupun pakai artemia.
  8. Rawat burayak ikan sumatra ini sampai besar deh.