Arwana Red Banjar Berbeda Dengan Super Red

Diposting pada

Pada artikel sebelumnya tentang jenis-jenis ikan Arwana, sudah dijelaskan sedikit tentang ikan Arwana Banjar.  Dikatakan bahwa Arwana Banjar merupakan kategori Arwana Red kelas dua. Namun uniknya Arwana Banjar justru merupakan strain murni dari Arwana Red, meskipun sebenarnya ikan ini tidak memiliki warna merah sama sekali. Arwana Red Banjar merupakan ikan arwana asli dari Indonesia. Habitat alaminya terdapat pada sungai Kapuas dan Barito yang ada di Kalimantan.

Banyak pecinta arwana yang masih awam menyamakan ikan Arwana Red Banjar dengan Arwana Super Red. Jelas kedua ikan ini merupakan jenis yang berbeda. Warna sisik Red Banjar cenderung berwarna perak kehijauan, dan pada saat masih kecil memang cukup sulit untuk dibedakan dengan ikan Arwana Super Red. Hampir seluruh bagian kedua jenis arwana ini sangat mirip. Namun semakin besar perlahan warnanya akan berubah menjadi warna oranye.

Arwana Red Banjar

Ikan ini banyak menjadi buruan para pecinta Awrana pemula, karena sangat mirip dengan Arwana Super Red namun dengan harga yang “lebih murah”. Namun hal ini juga di manfaatkan pedagang-pedagang nakal dengan mengatakan bahwa itu adalah ikan Arwana Super Red dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Jadi pastikan betul-betul ikan arwana yang anda beli agar tidak menjadi korban penjual yang tidak bertanggung jawab.

Ikan Arwana Red Banjar - www.ikan.info
Ikan Arwana Red Banjar

Secara garis besar, ciri-ciri Arwana Red Banjar yaitu memiliki bentuk kepala membulat dengan moncong yang tidak begitu lancip. Namun untuk dapat membedakan antara Arwana Red Banjar dengan Arwana Super Red, anda dapat menyimak pembahasan di bawah ini.

Cara Membedakan Red Banjar dengan Super Red

Ada begitu banyak perbedaan yang cukup mendasar antara ikan Arwana Red Banjar dan Super Red. Namun ada sedikit fakta menarik tentang Arwana Super Red, bahwa dipasaran tidak ada yang menjual Arwana Super Red berukuran dibawah 10 cm. Artinya hampir semua anakan yang berukuran dibawah 10 cm merupakan Arwana Red Banjar. Nah agar anda tidak dikerjai penjual nakal, ada baik anda mengetahui beberapa cara membedakan Red Banjar dengan Super Red berikut ini:

  1. Jika dilihat dari warna sisiknya, red banjar memiliki warna sisik hijau keperakan atau berwarna agak oranye. Sedangkan ikan Arwana Super Red memiliki warna merah seperti ruby.
  2. Perbedaan lainnya terdapat pada matanya. Jika diperhatikan secara seksama, Arwana Red Banjar memiliki mata yang sedikit juling.
  3. Jika dilihat bibirnya, Arwana Red Banjar tidak memiliki warna merah, sedangkan pada Super Red bibirnya akan terlihat warna merah seperti memakai lipstik.
  4. Selanjutnya pada bagian pipi, jika pada Red Banjar pipinya hanya memiliki warna putih saja, sedangkan pada Arwana Super Red pipinya akan berwarna kekuning-kuningan.
  5. Terakhir pada bagian punggung Red Banjar berwarna putih kehijauan, sedangkan Super Red memiliki warna merah dengan efek seperti pelangi.

Baca juga : Cara Mengawinkan Ikan Arwana

Ikan Arwana Super Red
Ikan Arwana Super Red

Harga Ikan Arwana Red Banjar

Tentunya harga dari Arwana Red Banjar tidak setinggi ikan Arwana Super Red. Harga ini bisa bervariasi tergantung ukuran dan juga kondisi fisik ikan tersebut. Untuk Arwana Red Banjar dengan kondisi yang baik, harganya sekitar 500ribuan untuk ukuran dibawah 15 cm. Namun harganya akan meningkat ketika sudah memiliki ukuran 20cm, karena pada ukuran ini kualitas ikan akan semakin terlihat. Dengan kualitas yang baik harga nya bisa mencapai jutaan rupiah.

Meskipun harganya tidak semahal Arwana Super Red, namun jika dirawat dengan baik Arwana Red Banjar juga tak kalah cantik dengan Super Red. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam membedakan jenis arwana, jangan sampai ketidak-tahuan kita dimanfaatkan oleh oknum pedagang untuk menipu kita. Semoga bermanfaat!