ikan cupang blue rim

Cara Budidaya Ikan Irian Terina!

Cara Beternak Ikan Cupang Blue Rim Yang Wajib Kamu Tahu

Ikan.info – Cara Beternak Ikan Cupang Blue Rim Yang Wajib Kamu Tahu – Ikan cupang pada saat sekarang ini sudah menjadi jenis ikan hias favorite untuk beberapa orang. Dan juga memiliki bentuk yang snagat kecil dan juga mempunyai sirip dengan berbagai warna sehingga menjadi daya tarik ikan ini.

Tetapi, untuk memelihara atau menjaga jenis ikan cupang ini di dalam rumah tidak pas rasanya jika kita tidak paham bagaimana histori dari ikan cupang tersebut. Berikut ini adalah riwayat atau asal-muasal dari ikan cupang.

ikan cupang blue rim

 

Cara Beternak Ikan Cupang Blue Rim Yang Wajib Kamu Tahu

Ikan cupang adalah jenis ikan yang berasal dari Asia Tenggara dan juga biasanya di jadikan sebagai hewan piaraan.

Di negara Thailand misalnya, mereka mengatakan bahwa ikan cupang plakat adalah jenis ikan yang mempunyai arti ikan petarung.

Cupang jantan bisa dikenali sebagai petarung yang sangat agresif dengan membuka-tutup insangnya dan juga menggigit pada sirip jantan yang lainnya.

Trik Ikan Cupang Berkembang Biak

Tingkah laku reproduksi pada ikan ini diawali dari pejantan yang sering meniup gelembung. Ia akan menarik udara dari permukaan air selanjutnya meniup gelembung yang berlapis dengan lendir yang ada pada permukaan air.

Pertama, ikan cupang jantan akan mencoba dengan santun menarik ketertarikan betina yang ada di bawah sarang dengan cara memperlihatkan siripnya dan juga membuka penutup insangnya.

Jika ikan betinanya tidak kritis atau mungkin saja tidak kooperatif, ikan jantan bisa saja berganti menjadi kasar, kemudian menggigit ekor dan sirip dari si betina.

Jika betina sudah terbujuk untuk ‘kawin’ dengan sang pejantan, mereka biasanya akan memutari kedua-duanya dan menghidupkan sirip mereka juga.

Dan akhirnya, ikan jantan akan membalut salah satu dari sirip di sekeliling betina dalam dekapan, dengan membalik-baliknya dan juga membuahi telurnya.

Jika jantan sudah pergi, maka betina akan melepas beberapa telur yang sudah dibuahi tersebut. Kebanyakannya akan membutuhkan waktu 3 sampai 7x pelepasan.

Selanjutnya, pejantan akan menangkap telur dan kemudian masukkan ke dalam mulutnya yang sudah dilapis dengan lendir pada saat sebelum kamu tempelkan ke dalam sarang gelembung yang sudah pejantan buat.

Selanjutnya, pejantan secara agresif akan menggerakkan betina dan juga akan mengawasi sarangnya sampai telur tersebut menetas lebih kurang selama 24-48 jam setelah itu.

Trik Menjaga Ikan Cupang

1. Jenis Pakan yang Cocok

Ikan cupang adalah jenis ikan karnivora. beberapa jenis makanan yang bisa kamu berikan seperti serangga, larva serangga, serta pelet khusus cupang.

2. Cara Menentukan Volume Air

Minimal volume dari air untuk ikan cupang yang sehat yaitu sekitar 2,5-5 galon sesuai dengan ukuran kolam atau aquariumnya. Dengan menentukan volume dan juga ukuran drum yang besar akan mempermudah transisi antara nitrogen dan temperatur dari air.

3. Periksa Akuarium Ikan Cupang

Kamu harus melakuakan cek terhadap mutu dari air minimum selama satu minggu sekali. Ganti air tersebut sebanyak 50% untuk jenis akuarium yang kecil atau mungkin kurang saja kurang dari 2 galon dalam satu minggu sekali.

Sementara itu untuk jenis akuarium yang besar,  kamu bisa menukar 10 hingga 25 % dari keseluruhan volume pada air untuk tiap-tiap 2-4 minggu atau bisa kamu samakan dengan keperluan.

4. Tidak Membuat Ikan Depresi

Jangan sampai ikan cupang kamu menjadi depresi. Bangun sebuah akuarium yang sama dengan jenis ikan cupang aslinya.

Ikan cupang sangat suka di dalam tempat yang sembunyi supaya merasa aman, terlebih lagi pada saat waktu tidur. Ikan ini suka berada di dalam batu-batuan dan juga bermacam tanaman air yang bisa menjadi tempat persembunyiannya.

5. Pisahkan Ikan Cupang

Ikan cupang jantan harus kamu pelihara di dalam akuarium yang terpisahkan dari jenis ikan yang lain. Sedang untuk jenis ikan cupang yang betina bisa kamu gabung dengan jenis tipe ikan yang lainnya.

Selainnya pada saat musim kawin, pisahkan juga jenis ikan cupang yang betina dengan ikan cupang yang jantan.