budidaya ikan platy

Cara Budidaya Ikan Platy Mickey Mouse!

Budidaya Ikan Platy Mickey Mouse

Ikan.infoBudidaya Ikan Platy – Ikan Platy Mickey Mouse merupakan  jenis ikan platy yang populer dan juga memiliki ciri khas unik dibandingkan dengan ikan hias lainnya.

Ikan hias cantik yang satu ini juga memiliki karakteristik kecil dan juga mungil serta menggemaskan seperti halnya sebuah kartun mickey mouse. Ikan hias yang satu ini cukup digemari dan juga cocok sebagai hiasan di dalam rumah kamu.

budidaya ikan platy

Ciri Ciri Ikan Hias Mickey Mouse.

Ciri khas dari ikan platy mickey mouse yaitu adanya bentuk bulatan hitam yang ada pada pangkal ekornya, ada 3 bulatan, yang terdiri 1 bulatan besar dan juga ada 2 bulatan kecil.

Karena ada 3 bulatan yang bahkan menyerupai bentuk kepala tokoh kartun mickey mouse inilah pemberian nama ikan ini bermula.

Habitat Ikan Hias Mickey Mouse.

Ikan hias cantik ini yang asatu ini merupakan ikan yang berasal dari suatu perairan amerika utara dan tengah, tepatnya dari Ciudad Veracruz, Meksiko ke utara Belize di Amerika Tengah.

Ikan ini juga memiliki nama latin Xiphophorus Maculatus, yang juga merupakan hasil keturunan dari spesies ikan platy. Ikan Mickey Mouse ini juga memiliki beberapa nama dalam bahasa inggris, diantaranya yaitu Mickey Mouse Platy dan Golden Moon Platy.

Perbedaan Ikan Mickey Mouse Jantan dan Betina

Adapun Cara paling gampang membedakan ikan mickey mouse jantan dengan betina yaitu dengan melihat bentuk dari  tubuhnya, Ikan Jantan ini memliki warna yang lebih cerah dan juga memiliki ukuran ikan lebih ramping daripada ikan betina.

Selain itu, dari segi interaksi, ikan jantan ini akan lebih agresif daripada ikan betina.

Dan dari segi fisik juga ikan betina memiliki badan yang lebih gemuk daripada ikan hias platy jantan.

Cara Memelihara Ikan Hias Mickey Mouse di Akuarium.

  1. Sebelum kamu ingin memelihara ikan hias tentunya kamu harus mempersiapkan sebuah akuarium yang cukup luas untuk meletakkan ikan mickey mouse ini, setidaknya jika kamu ingin memelihara ikan sekitar 5 ekor, kamu dapat menyediakan akuarium dengan ukuran 20 x 30 cm atau bisa juga lebih besar lagi.
  2. Setelah kamu mempersiapkan akuarium, kamu dapat menyediakan hiasan untuk akuarium, bisa kamu buat dengan tanaman air dan bebatuan, karena selain untuk hiasan, bisa juga menjadi tempat persembunyian anak ikan mickey mouse, apabila ikan sampai bertelur nantinya.
  3. Namun taruhlah semua itu dengan secukupnya, jangan sampai berlebihan. Karena jika terlalu banyak benda di dalam akaurium bisa menimbulkan air menjadi lebih cepat keruh.
  4. Kemudian, untuk dapat menjaga kebersihan akuarium, kamu dapat menyiapkan pompa air dan filter untuk dapat menyaring kotoran di dalam akuarium. Karena dengan itu dapat menjaga kebersihan, tentunya bisa juga mengurangi resiko pada ikan hias agar tidak terkena serangan berbagai macam penyakit.
  5. Agar ikan dapat hidup lebih tenang dan tidak stres, usahakanlah juga untuk memberikan pengatur suhu, pada ikan hias mungil ini idealnya hidup dengan tentram pada pada suhu 64 – 77 F (18 – 25 C), sedangkan kadar pH airnya antara 7,0 sampai 8,2.
  6. Setelah semuanya sudah ada, maka selanjutnya kamu memasukan ikan mickey mouse ke dalam akuarium.
  7. Selanjutnya, Selalu jaga kebersihan akuarium, agar ikan tetap sehat dan juga terhindar dari berbagai macam serangan penyakit. Salah satu penyebab air akuarium cepat keruh yaitu karena pemberian pakan ikan atau pelet yang berlebihan.
  8. Dalam memberi makanan, kamu dapat melakukan nya cukup 2 kali dalam sehari dan juga tidak boleh terlalu banyak, karena semakin banyaknya memberi makan pada ikan, tentunya pada potensi kotoran ikan yang dihasilkan akan menjadi lebih banyak.
  9. Untuk dapat menjaga kebersihan akuarium, setidaknya kamu dapat melakukan penggantian air secara teratur, apabila kamu rasa air sudah mulai keruh. Setidaknya sebanyak 4 hingga 5 minggu sekali, sudah sangat cukup.

Makanan Ikan Mickey Mouse yang Bagus Supaya Cepat Besar

Karena ikan ini juga merupakan ikan monivora, yang dimana artinya ikan ini memakan apa saja yang bisa di makan yang ada di dalam akuarium. Namun juga untuk meningkatkan kualitas warna pada ikan dan pastinya agar kondisi ikan baik dan ikan lebih cepat besar.

Usahakan untuk memberikan makan yang alami, seperti kutu air, jentik nyamuk, cacing sutera, dan lainnya yang tidak berakibat buruk untuk perkembangan ikan.

Namun kamu juga bisa memberikan makanan tersebut hanya sebagai selingan saja, kamu juga bisa memberikan makanan yang utama dengan pelet ikan hias dan selinagnya dengan memberikan makanan alami yang tadi.

Karena untuk dapat menemukan makanan alami tidak juga semudah menemukan pakan pabrikan yang bisa dibeli dengan mudah di toko ikan hias. Untuk pakan yang alami memang jarang  membudidayakannya atau bisa juga membudidaya sendiri namun juga cukup merepotkan.