ikan guppy albino

4 Faktor Penting Dalam Perawatan Ikan Guppy

Memelihara hewan tandanya anda siap untuk merawatnya dengan baik untuk menjaga keberlangsungan hidupnya. Mulai dari menjamin pakan, minum, tempat tinggal, vitamin, dan juga kesehatannya yang lain. maknanya sanggup memelihara, sanggup juga untuk menanggung seberapapun harga perawatan yang dikeluarkan.

Cara Merawat Ikan Guppy Albino

Seperti halnya saat anda memelihara ikan hias jenis ikan guppy albino. Meskipun termasuk jenis ikan yang mudah untuk beradaptasi, anda tidak boleh sembarang dalam perawatannya. Salah-salah justru ikan guppy anda akan lebih cepat mati. Dengan begitu, ada beberapa aturan yang wajib anda lakukan untuk perawatan ikan guppy.

Aqurium dengan sirkulasi yang baik

Sebagai tempat untuk bertahan hidup, aturan pertama anda perlu memastikan sirkulasi yang baik pada aquarium. Sebab pada habitat aslinya ikan guppy hidup di perairan air tawar daerah Amerika Serikat. Seperti di rawa-rawa dan juga pada aliran sungai.

Untuk tetap menjaga sirkulasi pada aqurium, anda dapat menggunakan aerator dan juga menggunakan filter aquarium. Hal ini bertujuan agar kualitas air tetap terjaga dengan baik.

sirkulasi akuarium ikan guppy

Sehingga anda perlu merancang tempat tinggal ikan guppy layaknya seperti di alam liar. Perhatikan aquarium ikan guppy memiliki sirkulasi serta arus air yang baik. Agar aquarium semakin menarik beri tambahan jenis tanaman air untuk menambah kadar oksigen di dalamnya.

Pastikan kondisi suhu pada air tepat

Sebagai ikan yang hidup diwilayah Amerika Serikat, jenis-jenis ikan guppy memiliki tempat hidup dengan suhu relatif lebih hangat yakni berkisar pada 23-27 derajat celcius. Agar tidak shock dan berakhir mati, sesuaikan suhu pada air dengan ekosistem aslinya di alam.

Sehingga anda butuh water heater guna menjaga kondisi suhu air pada aquarium. Pastikan anda tidak membuat suhunya menjadi terlalu panas. Hal ini akan membuat jenis ikan guppy albino menjadi lebih cepat lemas.

Jangan lupa juga untuk mengatur kandungan keasaman air dengan menjaga pH diantara 7-7,2 tingkat keasaman dari P ini sangat idela guna menjaga kesehatan dari ikan tersebut.

Berikan pakan yang tepat dan sesuai

Hal penting selanjutnya dalam perawatan ikan guppy ialah pemberian pakan yang tepat. Selain memberikan pakan berupa artemia beku dan kering, cacing darah, dan juga cacing tubifex sebagai makanan sehat. Ada baiknya untuk memberinya pelet ikan khusus untuk ikan guppy yang memiliki ukuran kecil.

Selain pemberian jenis pakan, hal penting lainnya adalah pemberian makan yang terkontrol, ruitn dan juga terjadwal. Usahakan anda tidak memberikan banyak pakan pada ikan guppy. Sebab sisa-sisa pakan yang tidak termakan, justru akan membuat kondisi air menjadi kotor dan memicu timbulnya mikroba serta parasit.

Waspadai penyakit dan juga parasit

Penyebab jenis-jenis ikan guppy mudah mati adalah disebabkan oleh penyakit dan juga parasit. Penyakit yang sering terjadi ikan gupy mulai dari bintik putih pada tubuh, sirip yang membusuk, bubuk berwarna emas di area tubuh, dan juga fluke.

Guna menjaga kondisi jenis ikan guppy albino, berikan obat-obatan yang bersifat anti parasit yang banyak dijual pada toko-toko ikan. Nah untuk implementasinya, pisahkan ikan yang sakit dengan ikan yang sehat.

Sebagai ikan hias yang mudah beradaptasi degan spesies ikan lainnya serta cinta damai, anda tetap harus berhati-hati saat mencampur ikan hias guppy dengan jenis ikan lainnya. pastikan untuk tidak mencampur ikan predator dan aduan seperti ikan cupang menjadi satu aquarium dengan ikan guppy. sebab perilaku cupang yang teritoris justru akan menghabisi koleksi ikan guppy anda.