Komposisi Pakan Louhan

Menentukan Komposisi Pakan Ikan Louhan Yang Baik

Memilih komposisi pakan louhan memang harus teliti, banyaknya jenis pakan yang beredar saat ini terkadang justru membuat kita bingung. Belum lagi diferensiasi produk yang dilakukan produsen dengan memecah fungsi dari pakan tersebut, mulai dari untuk warna, jenong dll.

Lalu bagaimanakah menentukan pakan yang tepat untuk louhan kesayangan?

Menentukan Komposisi Pakan Dari Klasifikasi Ikan

Guna menentukan komposisi pakan yang pas, ada baiknya kita mengena terlebih dahulu jenis ikan berdarkan pakannya. Berdasarkan jenis pakan alaminya, ikan dapat dikategorikan dalam 4 kelompok yaitu

 1. Karnivora

Karnivora adalah ikan yang bertindak sebagai predator dengan memangsa ikan, serangga, udang-udangan sebagai pakannya. Ikan ini memiliki kantung makan yang besar dengan alat pencernaan yang pendek. Umumnya sebagai ikan peliharaan, ikan ini diberi pakan hidup ataupun pakan buatan.

2. Herbivora

Jenis ini hanya memakan tumbuhan, sayuran, buah ataupun ganggang. Ikan ini memiliki alat pencernaan yang panjang dan cenderung lebih sering makan. Dalam aquarium, ikan jenis ini diberi pakan berupa tumbuhan, sayur atau pakan buatan.

3. Omnivora

Adalah jenis ikan yang mampu memakan daging amupun tumbuhan. Pada alam liar jenis ikan ini cenderung memakan segala seperti ikan kecil, serangga, udang, ganggang, sayur maupun buah. Ikan peliharaan jenis ini biasa diberi pakan berupa pakan hidup, tumbuhan maupun pakan buatan.

4. Limnivora

Adalah sebutan bagi ikan pemakan lumpur, terkadang juga memakan ganggang dan microorganisme yang ada di alam. Jenis ini memiliki kantung makan yang kecil dengan alat pencernaan yang panjang, serta frekuensi makan yang sering.

Dari keempat jenis tersebut, dapat ditentukan komposisi pakan serta kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk masing-masing jenisnya. Tentu saja beda jenis berbeda pula komposisinya, untuk lebih jelasnya mari simak tabel dibawah ini.

Kandungan Karnivora Omnivora Herbivora Limnivora
Lemak 3-6% 2-5% 1-3% 2-4%
Serat 2-4% 3-8% 2-6% 5-10%
Protein 45-70% 30-40% 30-40% 15-30%
Air 6-10% 6-10% 6-10% 6-10%

Menentukan Komposisi Pakan Louhan Yang Pas

Ikan Louhan adalah ikan cichild yang termasuk kedalam kategori karnivora, jadi berdasarkan tabel diatas sudah bisa kita tentukan komposisi pakan yang pas. Pakan yang baik untuk louhan haruslah memiliki kandungan Lemak antara 3-6%, Serat 2-4%, Protein 45-70% serta kandungan Air yang sedikit.

Diantara kandungan tersebut, terdapat 2 kandungan yang perlu diperhatikan dengan seksama yaitu serat dan abu/ash. Semakin rendah serat dalam pakan semakin baik, ini karena serat merupakan bahan yang susah dicerna. Hindari pakan dengan serat melebihi 4%, karena akan membuat pencernaan louhan bekerja extra keras untuk mencernanya.

Kandungan lainnya yang perlu diperhatikan adalah ash/abu. Kandungan ini sebenarnya adalah “sampah” dan tidak ada manfaatnya serta sukar dicerna pula. Sama seperti serat, kandungan abu/ash juga semikin rendah semakin baik.

Kesalahan Komposisi Pembuatan Pakan Louhan Sendiri

Terkadang banyak pehobi yang mencoba membuat pakan sendiri dengan bahan yang “dianggap” baik untuk ikan. Namun ternyata anggapan itu tidak tepat, berikut beberapa bahan yang sering kali ditambahkan dalam pembuatan pakan yang sebaiknya dihindari.

Vitamin Untuk Manusia

Ada 15 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh ikan, namun tidak semua jenis ikan memerlukan kelima belas vitamin tersebut. Untuk louhan vitamin yang paling penting didapat adalah vitamin C dan D. Vitamin tersebut dibutuhkan guna menjaga kesehatan dan pertumbuhan ikan.

Namun minimnya pengetahuan pehobi tentang vitamin ikan membuat kita terkadang salah kaprah. Terkadang pehobi menciba membuat pakan sendiri dan kesulitan dalam menemukan vitamin khusus untuk ikan, dan menggunakan vitamin untuk anak-anak atau untuk ibu hamil. Mulai sekarang hindari menggunakan vitamin untuk manusia karena vitamin manusia dan vitamin untuk ikan berbeda.

Peningkat Warna & Perangsang Jenong Ikan Louhan

Terkadang kita terlalu terobsesi melihat keindahan louhan berdasarkan persepsi pribadi masing-masing. Oleh karena itu berbagai cara dilakukan dan terkadang bisa membuat geleng-geleng kepala jika kita melihat perlakukan yang mereka lakukan terhadap ikan kesayangan mereka.

Parameter keindahan louhan biasanya dilihat dari kecerahan warna, mutiara dan jenong yang dimilikinya. Beragam carapun terkadang dilakukan, tak heran pakan yang menawarkan peningkatan ketiga hal tersebut sangat laris diburu dipasaran.

Peningkat Warna Louhan

Berdasaran beberapa literatur, peningkatan warna pada louhan dapat dilakuan dengan cara yang benar maupun dengan “tidak benar”. Namun kita disini hanya akan membahas cara yang benar saja dan aman untuk louhan.

Pada dasarnya ikan karnivora seperti louhan tidak dapat mensintesa karoten, untuk itu perlu disuplai dari jenis pakan yang diberikan. Terdapat 600 jenis pigmen warna yang terdapat di alam yang sebaigan besar terdapat pada ganggang. Pigmen warna tertinggi diketahui milik ganggang Haemotococcus Pluvialis, dengan pigmen warna merah, orange dan kuning.

Selain itu juga terdapat spirulina yang banyak mengandung pigmen warna hijau dan biru. Serta banyak lagi hewan yang memiliki pigmen warna seperti kepiting, udang, salmo dan lobster. Sedangkan tumbuhan ada pada wortel, kangkung, bayam, paprikan, daun lamtoro dan banyak lagi.

Namun bukan berarti pakan alami dengan pigmen warna merupakan pakan yang 100% aman untuk ikan. Selain pigmen warna, juga terdapat zat-zat tertentu yang bisa saja berbahaya bagi ikan. Untuk itu perlu hati-hati dalam mengolah pakan alami tersebut sebelum diberikan pada ikan.

Contohnya pada daun lamtoro yang banyak mengandung pigmen warna dan sangat mudah didapat. Namun daun lamtoro juga memiliki mimosi yang merupakan zat racun yang dapat mengganggu pertumbuhan ikan. Sedangkan pada udang terdapat zat beracun yang disebut kitin, untuk itu buang kepala udang sebelum diberikan pada louhan.

Perangsang Jenong Louhan

Kepala jenong yang besar merupakan salah satu ciri khas louhan yang banyak dicari. Bahkan banyak pehobi yang menjadi “galau” ketika tahu louhan mereka tidak bisa jenong. Tak heran banyak yang melakukan berbagai hal agar dapat menumbuhkan jenong pada louhan mereka.

Jenong pada kepala ikan louhan masih menjadi misteri akibat penelitan yang terbatas dan cnderung dirahasiakan. Namun berdasarkan pengalaman para pehobi diyakini jenong pada louhan berisi lemak dan protein yang berguna sebagai cadangan makanan.

Namun ada juga anggapan bahwa jenong tersebut merupakan senjata bagi ikan louhan, makanya beberapa memberikan cermin untuk meningkatakan jenong pada ikan louhan tersebut.

Berdasarkan pengalaman dan percobaan lakukan beberap pehobi dengan pakan buatan sendiri, dapat disimpilkan bahwa protein, lemak dan calcium serta beberapa zat lain dapat merangsang pertumbuhan jenong kepala. Jenong pada kepala Louhan dapat meningkat secara bertahap dalam waktu 2 s/d 10 minggu tergantung dari ikannya.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa komposisi pakan louhan yang baik untuk pemenuhan nutrisinya adalah

  • Kandungan Protein antara 45-70%
  • Kandungan serat/fibernya antara 2-4%
  • Kandungan lemaknya antara 3-6%
  • Serta mengandung protein dan mineral yang dibutuhkan oleh ikan.

Perangsang warna dan jenong louhan sebaiknya dari zat yang aman dan tidak membahayakan louhan itu sendiri. Jangan sembarangan memberikan pakan dengan kandungan hormon perangsang warna dan jenong. Selain itu gunakan pakan dengan kandungan serat dibawah 4%, agar pencernaan louhan terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *