Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Di Pelihara

7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Populer dan Mudah Dipelihara

Beragam jenis ikan hias air tawar dapat menjadi pilihan dalam mengisi aquarium dirumah. Keindahan fisik yang menawan dan warna-warni yang beragam membuat ikan hias air tawar kian diminati.

Lalu bagaimana cara menentukan ikan hias yang tepat untuk anda pelihara?. Di Indonesia, ada beberapa jenis ikan yang cukup populer dikalangan pehobi ikan hias.

Macam-macam Jenis Ikan Hias Air Tawar

Kita tidak akan membahas semua jenis ikan hias air tawar, karena menurut catatan Kementrian Kelautan dan Perikanan, setidaknya ada 1.100 spesies ikan air tawar yang ada di dunia. Dari jumlah tersebut, ada 400 spesies yang berada di Indonesia.

Berbeda jenis tentu berbeda pula cara perawatannya, untuk itu mari kita bahas 7 jenis ikan hias yang tergolong mudah dipelihara.

1. Ikan Cupang

Ikan Cupang Halfmoon
Ikan Cupang Halfmoon

Belakangan ini tren memelihara cupang kembali meningkat, dari kalangan biasa hingga pesohor pun ikut memelihara hewan mungil ini. Ikan cupang memiliki nama latin Betta Sp, di beberapa daerah ikan ini juga disebut ikan laga. Ikan ini merupakan salah satu spesies air tawar endemik Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Cupang dikenal memiliki fisik yang kuat, bahkan mampu bertahan dalam kondisi minim oksigen dan volume air. Habitat asli ikan cupang di alam bebas adalah di rawa-rawa, dan banyak ditemui di negara beriklim tropis.

Ikan cupang dikelompokkan kedalam 2 kategori, yaitu ikan cupang aduan dan ikan cupang hias. Keduanya termasuk jenis yang mudah dalam pemeliharaannya serta hemat tempat.

10 Jenis Ikan Cupang Hias Cantik untuk Dipelihara di Rumah

2. Ikan Koi

Gambar Ikan Koi
Gambar Ikan Koi – youtube

Ikan koi memiliki nenek moyang yang berasal dari jenis ikan mas dan ikan karper. Ikan dengan nama latin Cyprinus Carpio L pada mulanya dikembangkan di Jepang.

Dulu ikan koi tidak memiliki warna seindah sekarang, pada tahun 1820-an ikan ini hanya memiliki warna yang monoton. Lalu ikan ini dikawinkan dengan beberapa spesies ikan lain hingga menghasilkan warna seperti yang kita kenal saat ini.

Saat ini ikan koi menjadi salah satu jenis ikan hias bernilai tinggi, bahkan beberapa mempercayai jika ikan ini membawa keberuntungan.

Umumnya ikan koi dipelihara didalam kolam, alasannya karena koi akan terlihat lebih indah jika dilihat dari atas. Ikan ini juga termasuk ikan yang cukup mudah dalam perawatannya, selain itu ikan ini termsuk hewan yang berumur cukup panjang sampai 30 tahun.

• Nama-nama Koi Berdasarkan Jenis dan Corak Warna yang Dimilikinya

3. Ikan Arwana

ikan Arwana Cross Back Golden

Arwana juga merupakan salah satu endemik Asia Tenggara, penyebarannya berada di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia. Ikan ini termsuk kedalam jenis ikan purba yang sampai kini masih bertahan keberadaannya.

Tetapi pada tahun 2004, IUCN memasukan ikan arwana kedalam kategori spesies langka yang terancam punah. Harganya yang tinggi serta dipercaya membawa keberuntungan, menjadi penyebab banyaknya pemburuan ikan ini di alam liar.

Namun untuk Anda yang ingin memeliharanya, Anda masih bisa memiliki ikan arwana dengan syarat ikan tersebut merupakan hasil penagkaran dan bukan dari alam liar.

• Jenis – Jenis dan Gambar Ikan Arwana Terpopuler

4. Ikan MasKoki

Mas Koki Ranchu
Mas Koki Ranchu

Maskoki merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat populer di Indonesia. Memiliki nama latin Carrasius Auratus, Ikan ini juga merupakan hasil persilangan dari beberapa spesies.

Sesuai namanya ikan ini berasal dari spesies ikan mas hias dan dulunya banyak dibudidayakan di China. Setelah dikawinkan dengan beberapa spesies ikan hias berbeda, serta mutasi tubuh memiliki ekor ganda dan berbentuk membulat ikan ini sekarang dikenal dengan maskoki.

• 19 Jenis Ikan Mas Koki Yang Ada di Indonesia

5. Ikan Guppy

Ikan Guppy Mozaik
Ikan Guppy Mozaik – (c) blogspot

Poecilia reticulate atau lebih dikenal dengan ikan guppy merupakan ikan yang sangat populer di seluruh dunia. Guppy memang ikan yang sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan, serta mudah berkembang biak. Anakan guppy juga dikenal memiliki fisik yang kuat, bahkan setelah menetas mereka bisa bisa langsung berenang.

Ikan ini memiliki ukuran yang sangat kecil, di aquarium ukurannya berkisar atara 35-60 mm saja. Warnanya yang cerah serta ukurannya yang mungil membuat tampilannya mirip seperti ikan cupang.

• Jenis jenis Ikan Guppy Beserta Gambar dan Harganya

6. Ikan Louhan

Ikan Louhan Mutiara atau Cencu
Ikan Louhan Mutiara atau Cencu

Beberapa tahun yang lalu, louhan menjadi salah satu ikan yang sangat populer di Indonesia. Hampir semua kalangan dari muda hingga tua, ikut memelihara ikan berkepala jenong ini. Bahkan kontes ikan louhan menjadi event rutin yang diadakan berbagai komunitas.

Selain kepalanga yang jenong, ikan ini memiliki daya tari lain dari keindahan corak dan warna sisiknya. Walaupun saat ini tren nya sudah mulai berkurang, namun peminat ikan ini masih cukup ramai hingga sekarang.

Berbagai Macam Jenis Ikan Louhan Untuk Kontes

7. Ikan Discus

discus brown

Ikan discus memiliki warna yang indah denga sifat yang lembut dan tenang sehingga bisa digabungkan dengan spesies ikan lain. Tak heran ikan ini menjadi salah satu ikan favorit dalam mengisi aquarium maupun aquascape, bahkan saking populernya discus dijuluki the king of aquarium.

Memiliki nama latin Symphysodon spp, ikan ini memiliki bentuk tubuh yang pipih seperti piringan (disc). Ikan ini memiliki habitat asli di lembah perairan sungai Amazon yang berada di Brasil, Kolombia, dan Peru.

• Jenis Ikan Discus Yang Populer di Indonesia

Pemilihan jenis ikan hias air tawar dapat disesuaikan dengan lahan/tempat pemeliharaan, biaya, serta sifat dari ikan itu sendiri. Beberapa ikan hias memiliki sifat teritorial dan tidak bisa sembarangan dicampur dengan spesies lain, seperti ikan arwana, cupang dan louhan. Jadi pastikan kenali jenis yang akan Anda pilih sebelum membelinya.

Artikel ini bisa dicari dengan kata kunci:
ikan hias yg berumur panjang dan mudah memeliharanya