Perawatan Burayak Cupang Dengan Pakan Yang Tepat

Diposting pada

Berbicara masalah budidaya cupang, tentunya tidak terlepas dari perawatan harian yang kita lakukan. Mulai dari indukan cupang sampai telur dari cupang mesti dijaga dengan baik agar hasilnya bagus. Salah satu faktor terpenting dalam pemeliharaan cupang adalah pakan yang diberikan. Jenis pakan dapat menentukan hasil ikan cupang yang akan dihasilkan nantinya.

Namun bagaimana cara merawat dan memberi pakan pada burayak yang baru menetas?. Anda tidak perlu bingung, berikut ini kami akan coba berikan beberapa tips seputar perawatan burayak, terutama cara pemberian pakan dan jenis pakan apa yang sesuai untuk burayak anda. Tips ini dapat anda terapkan pada burayak cupang hias maupun cupang aduan.

burayak cupang

Cara Memberikan Makan Burayak Baru Menetas

Pada umumnya pemberian pakan pada anakan cupang yang berumur kurang dari 5 hari tak perlu dilakukan. Saat burayak baru menetas, mereka masih memiliki cadangan makanan dasi kuning telurnya. Cadangan makanan ini dapat membuat burayak bertahan tanpa makan hingga 5 hari. Pakan baru diberikan jika umur burayak sudah memasuki 6 hari, dengan pakan khusus untuk burayak.

Untuk memberikan pakan pada burayak, anda dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut :

  1. Siapkan media tempat pembesaran untuk burayak yang sudah habis kuning telurnya dan bisa berenang.
  2. Pindahkan burayak bersama induk jantan.
  3. Kemudian benih ikan diberi makanan kutu air dan wadah ditutup.
  4. Sepuluh hari kemudian anak ikan dipindahkan ke tempat lain.
  5. Dan selanjutnya setiap satu minggu, ikan dipindahkan ke tempat lain untuk lebih cepat tumbuh.

Jenis Pakan Untuk Burayak/Anakan Cupang

eanis pakan burayak yang diberikan dapat mempengaruhi pertumbuhan burayak itu sendiri. Untuk itu anda harus tahu apa saja pakan yang bagus untuk anakan cupang. Jenis pakan yang diberikan juga harus mempertimbangkan usia serta ukuran dari burayak tersebut. Nah untuk bahan pertimbangan dalam pemilihan pakan untuk anakan cupang terutama yang baru menetas, anda dapat membaca beberapa referensi dibawah ini. Beberapa jenis pakan tersebut adalah pakan yang umum diberikan oleh para peternak cupang.

Pakan Anakan Cupang Usia 5-30 hari

  • Kutu Air: kutu air sudah bisa diberikan untuk burayak mulai dari usia 5 hari. Kutu air mampu mempercepat pertumbuhan burayak serta mempertajam kualitas warna.
  • Cacing Super: cacing super juga menjadi salah satu pakan burayak yang dapat diberikan mulai dari umur 5 hari. Seperti halnya kutu air yang bisa mempertajam warna, cacing super juga baik untuk pertumbuhan burayak agar cepat besar.
  • Pelet: pelet juga bisa diberikan untuk pakan burayak, namun pakan ini memiliki efek lain yaitu memperkeruh air dan juga menimbulkan bau amis. Ini disebabkan, pelet yang diberikan untuk burayak harus dihancurkan hingga halus terlebih dahulu sebelum diberikan. Jadi jika anda ingin memberikan pakan burayak berupa pelet, itu artinya anda harus lebih ekstra dalam mengawasi kualitas air pada aquarium.
  • Kuning telur: Kuning telur cukup banyak digunakan para peternak ikan cupang sebagai pakan burayak. Jenis pakan ini dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan anakan cupang. Kuning telur yang digunakan untuk pakan adalah kuning telur yang sudah direbus lalu dihancurkan dan di masukan kedalam air. Pakan ini juga mempercepat air menjadi keruh, jadi anda harus benar-benar menjaga kualitas air.

Pakan Burayak Cupang Usia 1 bulan

  • Cacing sutra: cacing sutra diyakini dapat membuat burayak tumbuh besar dengan cepat. Kondisi cacing sutra juga dapat mempengaruhi ikan, selalu berikan cacing sutra yang masih hidup dan segera buang jika cacing sutra sudah mati.
  • Jentik nyamuk kecil: jentik nyamuk merupakan makanan yang paling bagus untuk ikan, selain memperkuat tubuh, juga bagus untuk tulang-tulang pada ekor serit.
  • Kutu Air: pada anakan yang sudah berumur diatas 1 bulan, kutu air masih tergolong makanan yag cukup baik diberikan. Selain untuk pertumbuhan, kutu air juga merangsang warna pada tubuh cupang.

Pakan Cupang Usia 2 Bulan Keatas

  • Kutu Air: kutu air termasuk jenis pakan cupang segala usia, kutu air dapat diberikan mulai dari usia 5 hari hingga cupang dengan usia diatas 2 bulan.
  • Jentik dewasa: pada usia ini dapat diberikan pakan berupa jentik dewasa atau jentik berukuran besar. Jentik nyamuk dapat memperkuat tubuh dan juga bagus untuk tulang-tulang pada ekor serit.
  • Udang: jika anda sedang beternak ikan cupang hias, maka udang adalah salah satu pakan terbaik untuk merangsang warna pada cupang. Namun udang yang berikan bukanlah udang hidup, melainkan udang yang sudah dibersihkan kulit dan kepalanya dan di potong kecil-kecil.
  • Cacing sutra:┬ácacing beku dapat terus diberikan sebagai pakan dari mulai usai 1 bulan. Cacing beku bagus untuk pertumbuhan anakan cupang. Pastikan cacing yang diberikan adalah cacing sutra yang masih hidup bukan yang mati.
  • Cacing beku:┬ácacing beku adalah pakan dalam keadaan frozen/beku. pakan ini dapat bertahan cukup lama dengan syarat disimpan dalam lemari pendingin.

Incoming search terms:

  • burayak cupang umur 3 minggu
  • ternak cupang tanpa memberi makan
  • pakan terbaik untuk burayak cupang umur 1bln
  • pakan burayak umur 6hari
  • pakan buat cupang usia 2 bulan
  • cara tepat merawat burayak cupang
  • cara merawat burayak cupang
  • cara memperhalus pelet untuk burayak
  • cara membuat sendiri pakan burayak cupang dari cacing sutra
  • cacing sutra beku untuk burayak