Pemilihan Indukan Cupang Untuk Dikawinkan

Diposting pada

Terkadang banyak para hobbis cupang yang ingin merasakan bagaimana cara beternak cupang. Entah karena faktor bisnis, mengingat harga cupang yang cukup menggiurkan. Atau karena alasan kepuasan karena bisa menghasilkan anakan ikan cupang yang bagus dan berkualitas. Sebelumnya telah kami berikan tips dalam pemilihan indukan ikan cupang jantan dan indukan cupang betina yang baik. Namun untuk pemilihan indukan cupang aduan, ada beberapa tips lain yang dapat anda ikuti

Sebelum membahas teknik budidaya ikan cupang, ada baiknya anda mengetahui cara pemilihan indukan yang siap kawin. Untuk pertama kita akan memilih jantan dan betina yang berkualitas baik untuk diternak. Jantan dan betina yang baik ini kategorinya beberapa point sebagai berikut :

  • Memperhatikan teknik pukul ikan pada saat sedang diadu.
  • Melihat kekuatan mental ikan tersebut, semakin kuat semakin baik.
  • Pilih ikan yang memiliki stamina yang kuat, jangan yang lemah.
  • Memperhatikan ketajaman gigi saat sedang diadu.
  • Terakhir adalah dengan memperhatikan kekuatan sisik cupang tersebut.
Baca juga:  Pembesaran Ikan Lele Dumbo Pada Kolam Terpal Untuk Pemula
pemilihan indukan cupang
pemilihan indukan cupang

Yang perlu anda ketahui adalah jangan memilih indukan cupang yang sedarah. Pilih indukan yang bukan dari satru keturuan atau sedarah. Walaupun perkawinan indukan cupang sedarah bisa saja menghasilkan anakan yang bagus, akan tetapi resiko anakan yang dihasilkan berkualitas jelek lebih tinggi. Bahkan beberapa peternak cupang menganggap perkawinan sedarah hanya akan buang-buang waktu dengan hasil yang sangat mengecewakan.

Terkadang banyak yang beranggapan, cupang jantan yang menang saat diadu merupakan indukan jantan yang baik. Walau itu juga termasuk dalam salah satu kriteria, namun point-point lainnya juga harus diperhatikan. Jangan sampai anda terlalu cepat dalam memutuskan, sehingga berakibat anakan yang dihasilkan tidak memuaskan.

Baca juga:  19 Jenis Ikan Mas Koki Yang Ada di Indonesia

Untuk pemilihan indukan betina, usahakan memilih cupang dengan postur tubuh yang baik serta proporsional. Pilihlah betina dengan ukuran yang tidak terlalu kecil maupun tidak terlalu besar bagi si jantan. Untuk melihat indukan betina yang sudah siap dikawinkan adalah dengan cara melihat bagian bawah perutnya. Jika masih terlihat putih, itu artinya betina belum siap untuk dikawinkan. Pilihlah betina dengan kondisi telur yang sudah matang dan siap dibuahi, ini ditandai dengan tonjolan bawah perut terlihat sudah menguning.

Incoming search terms:

  • memilih kawinan ikan cupang
  • syarat induk ikan cupang yang bagus untuk proses pemijahan